Home » Tutorial » Wordpress » Cara Transfer Domain NameCheap

Cara Transfer Domain NameCheap

loading...

Cara Transfer Domain di NameCheap – Beberapa hari yang lalu saya melakukan transaksi jual beli domain. Kebetulan domain  yang dijual ini di registrar di NameCheap dan saya sebagai pembeli juga mempunyai akun di NameCheap. Pada saat itu penjual menyerahkan prosesnya semuanya ke saya untuk melakukan push domain dengan memberikan akses ke akun NameCheap-nya. Lalu tahukah anda, apa yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan transfer domain ke sesama akun di NameCheap ? Bila anda yang belum pernah mempunyai pengalaman melakukan transfer domain di NameCheap atau melakukan Push Domain di NameCheap,  serta saat ini akan melakukan hal tersebut, maka silahkan anda baca terus tulisan saya dibawah ini.

Cara Melakukan Transfer Domain di NameCheap

Bila anda sebagai pemilik domain dan akan melakukan transfer domain ke akun namecheap lainnya, maka anda perlu meminta 2 informasi penting kepada pemilik akun namecheap lainnya yang akan menerima domain tersebut yaitu

  • User
    Nama user yang dimaksud adalah nama user yang digunakan oleh calon penerima push domain untuk login ke akun namecheap-nya.
  • Authorization Code
    Mungkin anda akan bertanya dimana bisa mendapatkan kode otorisasi ini bukan ? Bila anda belum tahu dimana letaknya di NameCheap maka anda bisa mendapatkannya di :
    Menu => Manage Profil => Push Setting => lihat kodenya pada bagian Push Security Settings (lihat gambar dibawah ini untuk lebih memperjelasnya).

manage profil namecheap
cara memperoleh authorization code namecheap

Kode itulah yang akan digunakan oleh orang yang akan melakukan push domain, serta ini menandakan bahwa penerima domain telah mengizinkannya untuk melakukan push domain ke akunnya. Bagi anda yang pernah melakukan push domain ke  akun lainnya yang sama teregistrar di godaddy, maka informasi yang diperlukan adalah alamat email yang terdaftar di godaddy-nya bukan authorization code. Inilah yang membedakan transfer domain di godaddy dengan namecheap mengenai informasi yang harus diberikan oleh calon penerima domain ke penjual domain, namun kedua registrar ini baik Godaddy maupun NameCheap tetap sama-sama membutuhkan informasi nama user penerima untuk melakukan transfer domain.

Authorization code dari NameCheap ini hanya bisa dipakai sekali untuk melakukan transfer domain dan akan tereset kembali setelah terpakai, namun bila anda ingin membuat kode otorisasi secara permanen ,maka anda bisa memasukkan kode unik yang anda inginkan pada bagian Permanent code, sehingga bila anda ingin menerima domain baru tinggal anda memberikan kode unik ini yang telah anda hapal kepada penjual domain selain nama user tentunya, namun semua itu kembali kepada anda pengguna NameCheap, yang mana yang dianggap lebih baik atau lebih mudah atau lebih aman untuk dipakai.

Setelah penjual domain mengetahui ke dua informasi ini dari calon penerima transfer domain yaitu user dan Authorization Code maka tahap selanjutnya adalah melakukan push domain dengan terlebih dahulu login ke akun NameCheap dimana domain itu berada

Cara Melakukan Transfer Domain di NameCheap

  1. Silahkan Login Ke NameCheap dengan mengklik pada bagian atas yang tertulis SIGN IN kemudian masukkan user dan passwordnya
    login ke akun namecheap
    masukkan user dan password namecheap
  2. Pada bagian ACCOUNT INFORMATIAN klik View yang berada di samping kanan tulisan Number of domains in your account
    informasi akun namecheap
  3. Setelah muncul nama-nama domain yang terlist di NameCheap maka klik salah satu domain yang ingin anda transfer
    cara melakukan transfer domain di namecheap
  4. Pada bagian sebelah kiri anda klik Push Domain to User
    cara melakukan push domain di namecheap
  5. Sekarang masukkan informasi penting untuk melakukan transfer domain di NameCheap yaitu masukkan password login namecheapnya di bagian Authenticate this push, lalu masukkan nama user calon penerima domain pada bagian Push this domain to dan yang terakhir masukkan Authorization code yang anda terima dari calon penerima push domain. Bila ke-3 informasi ini selesai anda masukkan , maka klik pada tulisan pada bagian bawah yaitu Push this Domain to Another User
    cara melakukan transfer domain namecheap
  6. Setelah anda selesai melaksanakan beberapa instruksi diatas maka domain anda akan berpindah ke user namecheap lainnya sesuai dengan yang anda input.

Semoga tutorial kali ini bisa membantu anda yang ingin melakukan transfer domain di NameCheap, terutama bagi mereka yang belum berpengalaman melakukannya, selain itu artikel ini bisa jadi arsip bagi saya pribadi siapa tahu di lain waktu ingin melakukan push domain di namecheap namun sudah lupa, tentunya dengan adanya tutorial ini maka bisa mengingatkan kembali langkah-langkahnya … Amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *