Home » Tutorial » Wordpress » Cara Menonaktifkan AutoSave dan Merubah Jumlah Posting Pada Halaman Home di WordPress

Cara Menonaktifkan AutoSave dan Merubah Jumlah Posting Pada Halaman Home di WordPress

Cara Menonaktifkan AutoSave WordPress – Jika anda menggunakan CMS WordPress dan ketika anda membuat artikel di wordpress, maka saat anda menulis artikel maka secara otomatis setiap selang waktu tertentu. WordPress akan menyimpan tulisan tersebut kedalam bentuk draft untuk menjaga-jaga jangan sampai tiba-tiba komputer anda mati secara mendadak, serta anda belum sempat menyimpan artikel tersebut. Dengan adanya fasilitas autosave maka anda masih bisa menggunakan draft yang tersimpan itu. Namun terkadang dengan adanya fasilitas AutoSave di wordpress ini yang mirip sekali fungsinya dengan AutoSave di Word, kadang membuat kita merasa terganggu, karena terkadang saat kita melakukan penyuntingan atau editing artikel yang pernah dipublikasikan sebelumnya maka saat kita melihat tampilan di halaman admin untuk menyunting artikel wordpress kadang-kadang ada sebagian teks atau paragraf yang hilang dan jika anda langsung mempublikasikannya maka malahan isi artikel kita ada yang hilang teksnya. Mungkin anda akan bertanya-tanya, bagaimana caranya untuk menonaktifkan atau mendisable atau mematikan fitur autosave pada wordpress ini ?

Cara Menonaktifkan AutoSave WordPress

  1. Silahkan anda masuk ke dalam CPanel anda dan anda cari pada root direktorinya pada folder wp-admin beberapa file yaitu post.php dan post-new.php.
  2. Cari kata wp_enqueue_script('autosave')
  3. Jika ditemukan kata tersebut tambahkan tanda // didepan script tersebut sehingga menjadi // wp_enqueue_script('autosave')

Semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini, maka penggunaan CMS WordPress dalam dunia blogging juga semakin banyak digunakan oleh para penggiat dunia blogging. Jika anda menggunakan WordPress , maka anda pasti tahu bahwa dalam wordpress ada halaman muka yang disebut dengan home dan ini biasanya berkaitan dengan index.php, serta ada juga bagian posting yang dinamis serta terkait dengan single.php dan sebuah halaman statis yang terkait dengan page.php. Jika anda membuka halaman muka sebuah wordpress pada umumnya yang tampil disitu adalah beberapa potongan artikel yang mana artikelnya biasanya selalu diupdate oleh pemiliknya.



Jika anda melihat bagian halaman depan wordpress maka setiap situs yang anda lihat bisa saja jumlah artikel yang ditampilkan pada bagian depan  antara satu situs dengan situs lainnya yang menggunakan wordpress sebagai CMSnya bisa saja berbeda jumlah artikel yang ditampilkan pada halaman depannya.

Anda pun bisa menentukan berapa jumlah artikel yang akan ditampilkan dalam halaman depan situs wordpress anda. Anda bisa saja menampilkan 10 artikel di halaman depan wordpress anda atau kalau perlu 15 artikel di bagian depan situs wordpress anda atau jika anda tidak ingin terlalu ramai maka bisa saja 2 artikel yang akan ditampilkan pada situs wordpress anda.

Cara Merubah Jumlah Posting Pada Halaman Home WordPress

  1. Silahkan anda masuk ke dashboard wordpress anda, kemudian pada bagian sebelah kiri dashboard wordpress anda klik Settings
  2. Lalu klik Reading , pada bagian Blog pages show at most, masukkan angka sesuai dengan jumlah artikel yang ingin anda tampilkan pada bagian halaman depan atau halaman utama situs wordpress anda.
    cara merubah jumlah posting yang tampil di home wordpress
  3. Jika anda telah selesai, maka klik tombol Save Changes

Selamat Mencoba Semoga Berhasil …




Ini Yang Anda Cari :

cara menghilang penyimpana draf pada wordpress |

One thought on “Cara Menonaktifkan AutoSave dan Merubah Jumlah Posting Pada Halaman Home di WordPress

  1. Jak Brom says:

    manthap sob tutorialnya, sangat membantu terutama buat pemula seperti saya, jangan lupa mampir ke blog saya juga ya http://giribig.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>