Cara mengatasi pesan error “To perform the requested action,Wordpress need to access your web server. Please enter your FTP credentials to proceed. If you do not remember your credentials, you should contact your webhost“. Pernahkah sobat mengalami hal ini, bila ya tentunya hal ini cukup merepotkan juga untuk mengatasi masalah yang timbul. Saya juga pernah mengalami hal ini.

Ceritanya begini. Saya menginstall wordpress di VPS Vultr dengan Deploy New Server dulu (buat server yang baru) lalu pada pilihan Server Type saya tidak memilih pilihan 64 bit OS maupun 32 bit OS tapi memilih Application yang didalamnya terdapat pilihan WordPress On Centos 6×64. Tentunya dengan memilih ini maka Vultr akan langsung menginstall script wordpressnya, serta kita tidak perlu lagi menggunakan putty untuk menginstall wordpress yang lumayan ribet, karena kita harus mengetikkan command melalui putty atau aplikasi lainnya yang sejenis.

Setelah wordpress terinstall dengan benar dan mengarahkan nama domain yaitu pada settingan “A record” ke ip server vps maka setelah selesai masa propagansinya maka blog wordpress akan berjalan sebagaimana biasanya. Tahapan ini berlaku bila blog wordpress baru yang dibuat. Tetapi bila memindahkan blog wordpress yang lain dari hosting yang berbeda maka perlu tahapan berikutnya. Saat itu saya ingin memindahkan blog wordpress di hosting yang lain ke VPS Vultr, jadi tinggal mengambil wp-content dan sql-nya, lalu saya ganti wp-content dan sql wordpress di Vultr menggunakan yang baru ini, serta ada beberapa tindakan lainnya juga terkait hal ini, seperti mengganti TABLE PREFIX di wp-config misalnya wp_ menjadi tw_ atau yang lain tergantung sqlnya. Pada tahapan ini sebenarnya ada sebuah masalah yang saya hadapi yaitu bagaimana cara mengganti sql yang ada dengan yang baru sedangkan kita tidak mempunyai panel seperti webuzo yang dengan mudah menggantinya. Namun hal ini akhirnya terpecahkan juga dengan menginstall PhpMyadmin dulu, kemudian baru kita menggantinya. Ingin tahu cara menginstall PhpMyadmin, mungkin lain kali saja ya saya berikan tutorialnya karena cukup panjang juga tahapannya. Namun pada intinya kita perlu mendownload dulu file-nya yang bernama phpMyAdmin-4.6.5.2-english.tar.bz2 di //www.phpmyadmin.net.

Setelah blog berjalan sebagaimana mestinya, saat ingin mengupdate versi wordpress yang baru gagal tidak berhasil, serta ini saya lakukan berulang-ulang namun hasilnya masih sama, saat ingin mengupdate plugin wordpress ke versi yang lebih baru, hal ini juga terjadi serta muncul pesan sebelum mengupdate plugin seperti gambar dibawah ini.

Tentunya saja saya jadi  bingung untuk memasukkan nilainya pada bagian hostname, FTP Username dan FTP Password. Bila sobat mengalami seperti hal ini maka coba resep yang sudah saya coba untuk mengatasi FTP Credentials ini, serta saya telah berhasil mengatasi permasalahan ini serta artikel yang saya post ini juga sebagai arsip bagi saya bila dikemudian hari mengalami hal yang sama, maka saya tidak perlu lagi mencari informasi di internet yang cukup memakan waktu dan tenaga, selain itu tidak semuanya bisa diterapkan.

Caranya masuklah menggunakan putty seperti biasanya yaitu menggunakan user root dan password vps sobat atau bisa juga menggunakan winscp lalu aktifkan open terminal, lalu ketikkan 2 command dibawah ini.

  • chmod -R 755 /var/www/html
  • chown -R nginx:nginx /var/www/html

Sebagai catatan saja bahwa file wordpress saya tersebut berada di root direktori var/www/html , bila yang sobat miliki berbeda maka tentunya perintahnya pada bagian var/www/html disesuaikan juga ya. Oh ya teknik diatas itu juga bisa dicoba untuk mengatasi trouble tidak bisa mengupload gambar wordpress.

Demikianlah resep mengatasi masalah FTP Credential di wordpress, semoga bisa membantu sobat yang mengalami masalah seperti yang pernah saya alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*