Home » Tutorial » Wordpress » Cara Menerima Push Domain dan Mengganti Nameserver di Godaddy

Cara Menerima Push Domain dan Mengganti Nameserver di Godaddy

loading...

Cara Menerima Push Domain Godaddy – Jika anda membeli sebuah blog/web yang sama-sama teregistar di godaddy maka untuk menerima push domain cukup mudah dilakukan tidak membutuhkan waktu yang lama kecuali jika domainnya teregistrar berbeda, tentunya ini akan membutuhkan waktu beberapa hari untuk masuk ke akun domain anda. Namun saya tidak akan menjelaskan menerima push domain di godaddy yang berbeda di registrarnya namun yang sama-sama di godaddy. Jika anda ingin menerima push domain di godaddy maka akan diminta oleh penjual yang ingin memindahkan ke akun godaddy anda yaitu nama user di godaddy  dan alamat email yang anda gunakan saat mendaftar di godaddy.

Cara Menerima Push Domain di Godaddy

Okay sekarang saya akan menjelaskan pengalaman saya menerima push domain di godaddy.

  1. Silahkan anda login ke akun godaddy anda, Masukkan username dan password anda.
  2. Pada menu Domains klik pada bagian Management pilih Domain Management
  3. Pada bagian sebelah kiri atas pilih Domains dan klik Pending Account Changes (Mulai tahap ini dan tahap berikutnya bisa anda lanjutkan jika penjual telah selesai melakukan push domain)
  4. Klik checklist domain yang muncul disitu lalu klik Quick Accept (Jika tidak ada satu domainpun yang muncul berarti penjual domain tersebut belum selesai melakukan push domain ke akun godaddy anda, maka kontak penjualnya untuk segera melakukan push domain)
  5. Checklist I have read and agree to the Universal Terms of Service, kemudian klik Next
  6. Lalu checklist semua pilihan yang ada dan klik Next
  7. Kemudian Klik OK

Anda tinggal menunggu beberapa menit maka domain yang anda terima akan bergabung dengan list domain lainnya di akun godaddy anda, serta anda juga akan menerima pemberitahuan ke alamat email anda dari godaddy.

Cara Merubah DNS Domain Name Server di Godaddy

Semakin berkembangnya jumlah web/blog yang ada di Internet maka jual beli web/blog sudah lumrah terjadi di dunia maya. Jika anda posisinya sebagai seorang pembeli, maka setelah anda menerima transfer push domain dan anda selesai memindahkan file termasuk databasenya  ke hosting yang baru, maka tentunya anda perlu mengarahkan domain tersebut ke server hosting yang anda sewa bukan? Nah tentunya  untuk mengarahkan nama servernya ke server hosting anda maka anda perlu merubah nama server di domain anda.

Merubah nameserver juga tidak hanya terjadi saat anda membeli web/blog tetapi ketika hosting yang kita pakai sudah tidak bisa menampung traffik pengunjung yang semakin banyak jumlahnya hingga hampir mencapai batas limit bandwidth yang disediakan maka tentunya anda harus memindahkan ke hosting lainnya atau mencari hosting alternatif lainnya, jangan sampai habis bandwith yang pada akhirnya web anda tidak bisa diakses lagi bukan.

Saya akan berbagi pengalaman saya merubah name server di godaddy karena kebanyakan domain saya berada disana. namun sebelumnya anda perlu tahu name servernya sebelum melakukan set name server di godaddy, dan biasanya saat anda membeli hosting biasanya dikirim pemberitahuan ke email kita mengenai nameservernya seperti pembelian hosting di hawkhost (lihat gambar dibawah ini)

informasi-tentang-name-server

Cara Mengganti Name Server di Godaddy

Adapun Cara Merubah DNS Domain Name Server di Godaddy, yaitu

  1. Silahkan anda login ke akun godaddy anda,Masukkan username dan password anda
  2. Pada menu Domains klik pada bagian Management pilih Domain Management
  3. Maka akan muncul semua nama domain yang ada di akun godaddy anda, jika tidak maka anda harus mengklik bagian sebelah kiri atas pilih Domains dan klik All My Domains
  4. Lalu dari list domain yang muncul anda pilih salah satunya yang ingin anda rubah name servernya dengan memberikan tanda cheklist dan klik Nameservers dan pilih Set Nameservers
  5. Setelah itu akan muncul kotak dialog dan anda pilih option I have spesific nameservers for my domains, lalu silahkan anda rubah sesuai dengan nama server hosting yang anda miliki. Misalnya anda ganti nama servernya sesuai dengan nama server di hawkhost yaitu ns1.hawkhost.com dan ns2.hawkhost.com
    merubah-name server di godaddy
  6. Jika udah selesai maka klik OK, maka nama server anda sudah berubah sesuai dengan hostingan yang anda miliki sekarang.

Semoga tutorial kali ini terkait dengan cara menerima push domain di godaddy serta mengganti name server di godaddy bisa membantu anda saat melakukan transaksi jual beli domain … amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *