Home » Tutorial » Wordpress » Cara Mencari Password PhpMyadmin di Webuzo

Cara Mencari Password PhpMyadmin di Webuzo

Cara Mencari Password PhpMyadmin di Webuzo – Di era teknologi informasi yang terus berkembang pesat ini, jumlah pengguna internet semakin bertambah dari tahun ke tahun, apalagi saat ini banyak provider telekomunikasi seperti telkomsel, indosat, xl dan lainnya yang memberikan paket internet murah yang bisa anda gunakan untuk berselancar di dunia maya menggunakan hp, laptop atau pc. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana caranya mendapatkan password atau kata sandi PhpMyadmin di Webuzo. Mungkin sebagian dari anda akan bertanya-tanya, makhluk apa itu Webuzo ? Tetapi anda yang bergelut dengan dunia hosting, maka tentunya anda tahu bahwa saat anda membuat sebuah website atau situs maka semua file pendukungnya bisa disimpan di penyedia hosting atau server secara gratis atau bisa juga menyewanya yang bisa dibayar setiap bulan, 3 bulan, 6 bulan atau pertahun tergantung dari penyedia hostingnya.

Bila anda menyewa hosting, tentunya anda tahu bahwa ada penyedia hosting yang menyediakan panel yang disebut dengan CPanel sehingga mempermudah penggunanya untuk melakukan beberapa settingan, termasuk untuk menginstall beberapa CMS seperti WordPress dengan hanya mengklik menu-menu yang telah ada, tanpa perlu repot memasukkan kode-kode script yang bisa membuat mumet kepala. Kita kenal layanan ini dengan istilah Shared Hosting. Tetapi dengan seiring meningkatnya traffik pengunjung sebuah blog, pada suatu ketika layanan Shared Hosting ini sudah tidak sanggup lagi menghandle jumlah traffik yang semakin bejibun, terkadang blog atau website tidak bisa diakses serta paling parah kadang akun kita di suspend secara sepihak oleh penyedia hosting. Tentunya kita akan beralih ke VPS yang merupakan singkatan dari kata Virtual Private Server.

Dunia VPS ini, bagi saya pribadi termasuk sesuatu yang baru dibandingkan Shared Hosting, serta mempunyai tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi dibandingkan menggunakan shared hosting, karena kita sendiri harus memanage-nya mulai menginstall beberapa aplikasi yang diperlukan melalui putty layaknya seperti mengetikkan perintah melalui command prompt di Windows. Salah satu panel alternatif yang mirip CPanel yang diinstall di VPS adalah Webuzo. Saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara menginstall Webuzo via putty, tetapi kali ini saya akan membagi pengalaman saya mencari password PhpMyadmin di Webuzo, apabila saat ini anda tidak tahu cara mencari letak dimana berada kata sandi PhpMyadmin di Webuzo maka baca terus tulisan saya ini.

login ke phpmyadmin webuzo

Cara Memperoleh Password PhpMyadmin Webuzo

Beberapa hari yang lalu, saat saya melakukan transaksi jual beli situs, dan akan memindahkannya ke hosting yang saya sewa, saat diberikan akses untuk masuk ke Webuzo penjual domain untuk mengambil beberapa file yang diperlukan, ternyata saat akan masuk ke PhpMyadmin untuk mengambil file sql, diluar dugaan PhpMyadmin meminta nama user dan passwordnya tidak seperti saat saya menggunakan CPanel di Hawkhost atau Cpanel di Idhostinger sehingga akhirnya saya gagal untuk mendapatkannya. Lalu saya contact penjual domainnya, ternyata yang bersangkutan juga tidak tahu dan awam dengan penggunaan VPS ini, sehingga ini membuat saya berpikir bagaimana cara memecahkan masalah ini, saya searching di google, ternyata untuk mendapatkannya harus masuk ke VPSnya viap putty lalu kata sandinya akan ditemukan berada di /var/webuzo/my.conf

Tetapi masalahnya saya tidak tahu passwordnya menggunakan user root untuk masuk ke VPS, karena penjual juga tidak memberikan informasi ini, maka setelah beberapa jam berpikir dan merenung mencari solusi, terbetik di pikiran saya, bukankah situs yang saya beli ini menggunakan CMS WordPress, tentunya cms ini memerlukan kata sandi untuk mengakses sql databasenya, serta kata sandinya itu khan terletak di wp-config. Kemudian saya masuk ke File Manager Webuzo dan mencari file wp-config.php dan membukanya serta dari situ saya dapatkan nama user dan passwordnya. Untuk lebih detailnya, silahkan baca langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Mencari Password PhpMyadmin Di Webuzo

  1. Masuklah ke webuzo anda, dengan alamat aksesnya adalah nama_ip_vps:2002 , pada contoh kasus yang saya alami, ip vps pemilik domain adalah 198.204.237.76 maka saya bisa mengakses webuzo dengan mengetikkan alamat url di browser yaitu 198.204.237.76:2002 lalu masukkan user dan passwordnya. Kemudian setelah masuk ke dalam webuzo maka pada bagian Server Utilities klik File Manager

    file manager webuzo
  2. Masukkan User dan Passwordnya kedalam extplorer ini untuk masuk kedalam file manager, namun bila anda lupa atau tidak mengetahui kata sandinya, seperti yang pernah saya alami , maka anda bisa memasukkan password baru dengan membuatnya melalui bagian Security => Change Password => pada bagian Set Password for File Manager => masukkan password baru anda.
    login extplorer webuzo
  3. Pada bagian kiri panel, klik folder yang tertulis public_html
    public html file manager webuzo
  4. Lalu cari folder dimana semua file-file pendukung situs itu tersimpan, bila sudah anda dapatkan maka klik foldernya, maka disebelah kanan akan menampilkan isi foldernya, lalu klik wp.config.php
    wp-config webuzo
  5. kemudian setelah terbuka isi file wp-config.php , silahkan anda scroll kebawah sampai menemukan tulisan MySQL database username dan MySQL database password , disitu anda akan menemukan nama user dan kata sandi yang bisa anda gunakan untuk masuk ke PhpMyadmin.
    user dan password phpmyadmin webuzo

Dengan menggunakan informasi user dan password yang berada di file wp-config, maka saya telah berhasil membuka PhpMyadmin, serta mengambil file sql yang saya butuhkan. Semoga dengan adanya tutorial wordpress kali ini bisa membantu anda yang bingung mencari kata sandi atau password PhpMyadmin di Webuzo dengan catatan CMS yang digunakan adalah WordPress… Amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *