Home » Tutorial » Wordpress » Cara Install Plugin WordPress

Cara Install Plugin WordPress

Cara Install Plugin di WordPress – Apakah anda salah satu pengguna CMS WordPress yang anda pakai untuk membuat sebuah situs atau blog ? Bila memang iya, tentunya anda tahu bahwa untuk membantu kinerja atau menambah fungsi wordpress maka kita diperkenankan untuk menginstall plugin yang dibuat oleh pengembang baik yang dibagikan secara free/gratis atau plugin premium yang dijual dengan harga tertentu. Plugin adalah file yang berisi kode tertentu yang bisa bekerja berdasarkan framework atau API (Aplication Program Interface) yang sama dengan program tempat dimana plugin tersebut di install. Plugin di dalam wordpress ditulis dalam bentuk script php (atau terkadang gabungan antara php, java dan flash) yang berjalan pada blog anda. Bila anda ingin menginstall wordpress pada prinsipnya langkahnya hampir sama seperti menginstall theme atau tema wordpress. Plugin wordpress ini akan diinstall pada root directory tujuannya yaitu pada folder wp-content\plugins.

Beberapa Plugin Worpdress yang mungkin bermanfaat, yang biasa saya install adalah

  1. Permalink Finder Plugin buatan Keith P Graham, yang berfungsi untuk mencegah error 404 yang biasa terjadi karena merubah permalink wordpress atau karena perubahan url postingan yang terjadi.
  2. SEO SearchTerms Tagging 2 buatan Purwedi Kurniawan, yang berfungsi untuk merekam kata-kata kunci yang masuk ke dalam blog yang datang dari mesin pencari seperti google, bing, yandex dan search engine lainnya.
  3. Search & Replace buatan Frank Bultge, yang berfungsi untuk mengganti kata tertentu dalam artikel secara massal seperti mengganti link affiliate dalam artikel atau misalnya saat anda menginstall wordpress dengan nama domain baru serta memasukkan database sql yang berbeda nama domainnya maka semua link gambar domain lama yang ada dalam artikel bisa diganti disesuaikan dengan link domain baru.
  4. Growmap Anti Spambot Plugin buatan Andy Bailey, yang berfungsi untuk menangkal komentar spam yang dilakukan bot karena harus memberikan tanda checklist dulu pada kotak yang disediakan untuk memastikan bahwa komentar itu dimasukkan secara manual bukan bot.
  5. Optimize Database after Deleting Revisions buatan CAGE Web Design | Rolf van Gelder, Eindhoven, The Netherlands, yang berfungsi untuk membersihkan atau mengoptimalkan database agar tidak membengkak ukurannya karena adanya revisi beberapa kali pada artikel yang sama.
  6. SyntaxHighlighter Evolved buatan Alex Mills (Viper007Bond), yang berfungsi sebagai plugin untuk membantu menulis script kode program seperti css, php, html dan kode script lainnya pada artikel postingan di wordpress. Serta banyak lagi plugin wordpress lainnya yang bisa membantu anda dalam menggunakan WordPress sebagai CMS untuk blog atau situs anda.

Bila anda sering memasang atau menginstall plugin di wordpress maka anda tidak perlu membaca terus artikel berikut ini, mungkin ini berguna bagi pemula yang baru belajar wordpress.

Cara Install Plugin di WordPress

  1. Silahkan masuk ke halaman admin wordpress anda, misalnya nama blog wordpress anda adalah artikel-diet.net maka ketikkan url berikut untuk masuk kehalaman adminnya artikel-diet.net/wp-admin , lalu masukkan nama user dan passwordnya.
  2. Kemudian Klik Plugins => Add New
    cara install plugin di wordpress 1
  3. Bila Plugin yang ingin anda cari berada di galleri yang disediakan secara gratis oleh wordpres, maka tuliskan kata yang mirip dengan nama plugin yang ingin anda install di wordpress, misalnya sebagai contoh saya ingin menginstall sebuah plugin yang bernama Permalink Finder maka saya masukkan kata tersebut pada bagian kotak search di bagian kanan atas, kemudian tekan tombol enter pada keyboard anda.
    cara install plugin di wordpress 2
  4. Dari berbagai macam plugin yang muncul dari hasil pencarian, cari plugin yang sesuai dengan yang anda cari, kebetulan yang saya cari muncul pada pencarian pertama yaitu Permalink Finder Plugin buatan Keith P Graham kemudian klik tombol Install Now
    cara install plugin di wordpress 3
  5. Pada kotak pop up yang muncul dengan kalimat “ Are you sure want to install this plugin ?” klik OK
    cara install plugin di wordpress 4
  6. Setelah proses download paket plugin yang dikompress dalam bentuk zip berhasil di download dan diekstrak lalu berhasil secara otomatis terinstall maka klik Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin tersebut agar bisa berfungsi dan berjalan di wordpress.
    cara install plugin di wordpress 5
  7. Anda telah selesai menginstall Plugin Worpdress

Cara Menginstall Plugin WordPress Yang Tersimpan di Komputer

Bila memang yang ingin diupload sudah ada di komputer, misalnya plugin Search Terms Tagging2 yang sudah terkompresi dalam bentuk zip telah saya simpan di salah satu folder di komputer saya, maka caranya :

  1. Coba anda lihat pada langkah ke 3 pada cara pertama install plugin diatas, yang anda klik adalah Upload Plugin bukan memasukkan kata kunci pada kotak yang tersedia, kemudian cari lokasi disimpan di harddisk pluginnya dengan mengklik tombol Browse
    cara install plugin wordpress yang tersimpan di komputer 1
  2. Kemudian cari dimana disimpan plugin yang ingin diinstal ke wordpress, setelah didapat klik pluginnya kemudian tekan tombol Open
    cara install plugin wordpress yang tersimpan di komputer 2
  3. Kemudian klik tombol Install Now
    cara install plugin wordpress yang tersimpan di komputer 3
  4. Klik Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin ini di wordpress
    cara install plugin wordpress yang tersimpan di komputer 4
  5. Anda telah selesai menginstall plugin wordpress anda

Semoga cara menginstall plugin di wordpress diatas bisa membantu anda yang masih baru belajar menggunakan CMS WordPress … Amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *