Home » Tutorial » Excel » Cara Menghitung Rata-Rata Lama Menginap Tamu Hotel di Excel

Cara Menghitung Rata-Rata Lama Menginap Tamu Hotel di Excel

Cara Menghitung Rata-Rata Lama Menginap Tamu Hotel – Pada pemerintahan yang baru ini di era kepemimpinan Jokowi yang dilantik sebagai presiden ke -7 pada tanggal 20 Oktober 2014, tidak berselang lama “Yuddy Chrisnandi sebagai Menpan mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa sejak tanggal 1 Desember 2014 tidak ada lagi kegiatan rapat/pertemuan di hotel yang diselenggarakan oleh Instansi Pemerintah yang melibatkan pegawai negeri sipil di dalam kegiatan ini.” Tentunya dengan diberlakukannya hal ini maka sudah bisa dipastikan tingkat hunian kamar hotel akan mengalami penurunan yang cukup signifikan, terutama hotel-hotel yang sebagian besar mengandalkan kunjungan dari tamu yang berasal dari peserta rapat ini, maka kebijakan pemerintah ini mendapatkan protes dari para pengelola di bidang perhotelan.

Namun sekarang bukan hal ini yang akan kita bahas, namun tahukah sobat menghitung rata-rata lama menginap tamu hotel ? Bila anda belum tahu maka lihatlah rumus untuk menghitungnya dibawah ini.

Rumus Rata-Rata Lama Menginap Tamu di Hotel

rumus rata-rata lama menginap

Contoh Sederhana 1

Hotel A yang memiliki kapasitas kamar 30 unit, selama bulan Maret 2014 dikunjungi oleh 120 orang dimana 10 kamar disewa oleh 20 orang selama 3 hari, 30 kamar disewa oleh 60 orang selama 1 hari dan 20 kamar disewa oleh 40 orang selama 5 hari. Sekarang coba anda hitung rata-rata lama menginap tamu di hotel Anda ?

Rata-Rata Lama Menginap = (3 hari + 1 hari + 5 hari)/3 = 3 hari ( Ini jawaban yang salah)

Lalu yang benar bagaimana ya ?

Bila sobat pernah belajar statistika deskriptif, disana dijelaskan bahwa salah satu cara menghitung rata-rata yaitu menggunakan rata-rata hitung tertimbang dengan memperhatikan bobotnya. Terkait dengan perhitungan diatas maka dalam menghitung rata-ratanya maka perlu dipertimbangkan bobotnya yaitu jumlah orang yang menyewa kamar selain lama menginapnya, sehingga perhitungannya menjadi

Rata-Rata Lama Menginap = (20 x 3 + 60 x 1 + 40 x 5)/120 = 320/120 = 2,67 hari.

Contoh Sederhana 2

Di Kabupaten Bantaeng terdapat 2 hotel yaitu Hotel A yang memiliki kapasitas kamar 30 unit dan Hotel B yang memiliki kapasitas kamar 50 unit, selama bulan Maret Hotel A dikunjungi 20 orang yang menyewa 10 kamar dengan lama menginap 2 hari dan 10 orang yang menyewa 10 kamar dengan lama menginap 1 hari serta Hotel B dikunjungi 30 orang yang menyewa 30 kamar dengan lama menginap 2 hari, sekarang coba sobat hitung berapa rata-rata lama menginap tamu hotel di Kabupaten A ?

  • Jumlah Malam Tamu di Hotel A = 20 x 2 + 10 x 1 = 50
  • Jumlah Malam Tamu di Hotel B = 30 x 2 = 60
  • Jumlah Tamu di Hotel A = 20 + 10 = 30
  • Jumlah Tamu di Hotel B = 30

Rata-Rata Lama Menginap Tamu Hotel di Kabupaten Bantaeng = Jumlah Malam Tamu/ Jumlah Tamu = (50 + 60) / (30 + 30) = 110/60 = 1,83 hari.

Namun cara perhitungan diatas tidak semudah begitu diterapkan di lapangan, apalagi saat anda melakukan penelitian ! Apakah memang anda bisa dengan mudah mengelompokkan tamu seperti diatas bahwa sekian orang bermalam sekian hari. Pada kenyataan prakteknya bila kita melakukan penelitian di hotel paling mudah adalah melakukan pengumpulan data dengan memperhatikan jumlah tamu yang datang dan jumlah tamu yang keluar setiap harinya. Hal ini bisa anda lihat melalui buku tamu hotel atau melalui catatan administrasinya. Lalu bagaimana cara melakukan perhitungan menggunakan aplikasi Excel 2007 ?

cara menghitung lama menginap di excel

Nah untuk mempermudah penghitungan Tingkat Penghunian Kamar Hotel maka perlu dibuat 8 kolom di Excel 2007 yaitu

  1. Tanggal , pada kolom ini dimulai dari tanggal 1,2,3, … dst menyesuaikan dengan bulannya yaitu untuk bulan Januari, Maret , Mei, Juli, Agustus, Oktober, Desember terisi sampai tanggal 31 dan April, Juni, September, Nopember terisi sampai tanggal 30 dan Untuk bulan Pebruari terisi sampai tanggal 29 untuk Tahun Kabisat (tahunnya habis dibagi 4) atau sampai tanggal 28 untuk Tahun bukan Kabisat.
  2. Kamar tersedia , pada kolom ini diisi sesuai dengan jumlah kamar yang tersedia untuk menginap tamu di hotel serta umumnya jumlahnya sama setiap harinya, namun bisa juga tidak sama disebabkan karena adanya pengembangan atau perluasan hotel.
  3. Kemarin , pada kolom ini diisikan sesuai dengan jumlah kamar terpakai atau tamu yang bermalam pada hari kemarin atau 1 hari sebelumnya.
  4. Masuk , pada kolom ini diisikan sesuai dengan jumlah kamar yang terpakai oleh tamu yang baru masuk menginap pada hari ini atau jumlah tamu yang baru masuk pada hari ini.
  5. Keluar , pada kolom ini diisikan sesuai dengan jumlah kamar yang ditinggalkan oleh tamu yang keluar dari hotel pada hari ini atau jumlah tamu yang keluar dari hotel.

Beberapa Penjelasan Tambahan

  1. Untuk pengisian pada kolom Kemarin pada tanggal 1 bisa diisi dengan manual atau menggunakan rumus yang dikaitkan dengan bulan sebelumnya.
  2. Untuk pengisian pada kolom Kemarin pada tanggal 2 sampai yang akhir tidak diisi dengan manual akan tetapi menggunakan rumus yaitu Kemarin (h-1) + Masuk (h-1) – Keluar (h-1)
    Misalnya pada pengisian kemarin pada baris ke-4 pada tgl 2 (sel C4) = C3+D3-E3 atau untuk (sel  F4) = F3+G3-H3
  3. Untuk mengurangi terjadinya kesalahan dalam menginput data maka pada baris sel yang sama maka kita melakukan pembatasan bahwa KELUAR <= (KEMARIN + MASUK)
  4. Pada bagian bawah tabel kita perlu menjumlahkannya, yang akan menghasilkan
    • Jumlah  Tamu Masuk yang merupakan penjumlahan dari Kolom F
    • Jumlah Malam Tamu yang merupakan penjumlahan dari kolom F dengan mengabaikan sel F3 dan ditambah dengan Kemarin (baris terakhir) + Masuk (baris terakhir) – Keluar (baris terakhir)
  5. Dengan mengetahui Jumlah Malam Tamu dan Jumlah Tamu Masuk tentunya anda bisa menghitung Rata-Rata Lama Tamu Menginap di Hotel bukan ?

Untuk lebih memperjelas penjelasan diatas maka perhatikan contoh perhitungan di excel untuk 3 hotel dibawah ini !

contoh menghitung lama menginap 1

contoh menghitung lama menginap 2

contoh menghitung lama menginap 3

contoh menghitung rata-rata lama menginap di excel

Silahkan Anda Mencoba Semoga Berhasil …


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *