Home » Tutorial » Excel » Cara Menghitung Kredit Angsuran Bunga Tetap Menggunakan Excel

Cara Menghitung Kredit Angsuran Bunga Tetap Menggunakan Excel

Cara Menghitung Kredit Angsuran Bunga Tetap – Di dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita membeli sebuah produk atau barang melalui fasilitas kredit menggunakan jasa perbankan, koperasi atau lembaga lainnya. Salah satu bentuk kredit adalah kredit dengan angsuran bunga tetap. Lalu bagaimana cara menghitung angsuran pembayaran setiap bulannya untuk yang menggunakan bunga tetap? Nah yang perlu anda ketahui bahwa kredit dengan bunga tetap atau flat, maka anda akan membayar hutang dengan jumlah angsuran yang tetap setiap bulannya, yang mana pokok dan bunga-nya dibayar sama setiap bulannya . Lalu bagaimana cara menghitung bunga dan pokok pinjaman yang dibayar setiap bulannya secara matematis?

  • Bunga = Jumlah Pinjaman Awal x Bunga Per Tahun /12
  • Bunga = Jumlah Pinjaman Awal x Bunga Per bulan
  • Pokok Pinjaman Perbulan = Jumlah Pinjaman Awal /Lama Angsuran
  • Angsuran Perbulan = Bunga + Pokok Pinjaman Perbulan

Nah mungkin cukup mudah cara menghitungnya bukan ? Nah terkadang bagaimana juga caranya untuk mengetahui jumlah pembayaran yang harus dikeluarkan jika kita ingin menebus kreditnya setelah berjalan sekian bulan. Dalam penebusan biasanya setiap lembaga pemberi pinjaman mempunyai aturannya sendiri, ada 2 macam aturan yang saya ketahui, yaitu :

  • Ditebus dengan membayar pokok sisa pinjaman saja
  • Membayar pokok sisa pinjaman ditambah penalti

Penalti disini umumnya adalah bunga pinjaman x sekian, misalnya 3 x bunga pinjaman, semuanya tergantung kepada lembaga pemberi pinjaman.

Coba perhatikan studi kasus dibawah ini, untuk memberikan ilustrasi yang lebih jelas



Jika anda ingin meminjam uang dengan jumlah pinjaman 60 juta dengan suku bunga 14,5 % pertahun dan anda akan mengambil jangka waktu angsuran selama 6 tahun atau 72 bulan. Coba sekarang anda hitung berapa bunga dan pokok pinjaman yang dibayar setiap bulannya dan jumlah angsuran setiap bulannya. Lalu seandainya setelah anda mengangsur selama 33 bulan maka coba hitung berapa nilai penebusan hutang anda jika penalty yang diberikan adalah 3 bulan.

Ok untuk memecahkan permasalahan tersebut, silahkan anda buat perhitungan Excel seperti dibawah ini

Cara-Menghitungan-Angsuran-Bunga-Tetap-Di-Excel

  1. Dari gambar Excel diatas anda hanya perlu memasukkan formula pada B6,B7,B8 dan B10. Untuk sel B4 cukup anda tulis =14,5/12 sehingga menghasilkan 1,21 yaitu persentase bunga pinjaman per bulan sebesar 1,21%.
  2. Bunga dibayar perbulan (B6) =IF(OR(B2="";B4="");"";B2*B4/100)
  3. Pokok Pinjaman perbulan (B7) =IF(OR(B2="";B3="");"";B2/B3)
  4. Angsuran perbulan (B8) =IF(OR(B6="";B7="");"";B6+B7)
  5. Nilai Penebusan (B10) =IF(OR(B5="";B9="");"";(B3-B9)/B3*B2+B5*B6)

Penjelasan Tambahan Untuk Penulisan Formula Excel

  1. OR(B2="";B4="") artinya sebuah pernyataan yang menyatakan jika B2 blank atau B4 blank
  2. Jika formulanya ditambah menjadi =IF(OR(B2="";B4="");"";B2*B4/100) maka arti formula tersebut yaitu isikan blank jika B2 atau B4 blank, maka jika tidak lakukan eksekusi formula B2*B4/100
  3. Nah untuk mempermudah ilustrasi formula tersebut excel diatas jika dinyatakan dalam sebuah pernyataan yaitu untuk isian pada sel B6 atau bunga dibayar perbulan kita kosongkan saja, jika kedua isian nilai total kredit/pinjaman dan % bunga belum diisi, dan jika keduanya sudah terisi maka lakukan perhitungan formula nilai total kredit x % bunga.

Selamat Mencoba Semoga Berhasil …

Ini Yang Anda Cari :

cara menghitung bunga pinjaman koperasi | Cara menghitung angsuran per bulan dengan suku bunga dalam excel | cara menghitung bunga pinjaman dengan excel | Cara menghitung kredit rumah di koperasi | cara perhitungan bunga pinjaman koperasi | formula untuk sisa angsuran di excel | mencari persen dari angsuran bulanan | perhitungan angsuran pinjaman koperasi | Rumus perhitungan pinjaman koperasi 1 tahun |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *