Home » Tutorial » Excel » Cara Menghitung Korelasi Menggunakan Excel 2007

Cara Menghitung Korelasi Menggunakan Excel 2007

Cara Menghitung Korelasi Menggunakan Excel 2007 – Jika anda ingin menghitung nilai korelasi dari variabel x dan y dengan melakukan cara menghitung manual tentunya akan menguras energi dan waktu anda bukan ? Untuk menghitung korelasi tersebut anda bisa menggunakan Excel 2007 tanpa perlu menggunakan program statistik yang canggih seperti SPSS. Saya yakin anda sudah tahu rumus statistiknya untuk menghitung korelasi tersebut bukan? Jika anda belum tahu maka perhatikan rumus statistik untuk menghitung korelasi dibawah ini.

Rumus-Statistik-Korelasi

Nilai korelasi itu berada diantara -1 sampai dengan 1. Jika nilainya positif maka bisa dikatakan kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang positif atau searah maksudnya kenaikan nilai variabel x juga akan diikuti oleh kenaikan nilai variabel y begitu pula sebaliknya, namun jika nilainya negatif maka bisa dikatakan kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang negatif atau berlawanan arah maksudnya kenaikan nilai variabel x akan diikuti dengan penurunan nilai variabel y begitu pula sebaliknya.

Adapun fungsi Excel 2007 untuk menghitung korelasi variabel x dan y, yaitu

=CORREL(array1;array2)

dimana

array1 = rentang sel yang berisi nilai variabel x

array2 = rentang sel yang berisi nilai variabel y

Untuk lebih memperjelas cara menghitung korelasi di Excel, perhatikan contoh tabel dibawah ini

Nilai-Korelasi
Coba anda hitung korelasi antara pemberian uang saku dengan hasil nilai ujian. Untuk menghitung nilai korelasi tersebut, coba anda ketik pada sel C8 , yaitu

=CORREL(B2:B7;C2:C7)

maka akan diperoleh nilai korelasinya 0,49 ini menunjukkan bahwa korelasi antara uang saku dengan nilai hasil ujiannya tidak terlalu kuat.

Silahkan Mencoba, Semoga Berhasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>