Home » Tutorial » Excel » Cara Menentukan Peringkat atau Rangking di Excel 2007

Cara Membuat Peringkat Dalam Microsoft Excel - Ingatkah sobat yang pernah duduk di bangku sekolah baik di tingkat dasar, menengah atau atas, saat telah selesai mengikuti ujian semester atau catur wulan, maka ada satu hari dimana orang tua diundang ke sekolah untuk menerima raport. Saat orang tua telah menerima raport yang berisi nilai-nilai beberapa mata pelajaran, maka iapun juga akan tahu rangking atau peringkat berapa anaknya di kelasnya. Penentuan rangking ini didasarkan dengan membandingkan semua rata-rata nilai dari masing-masing siswa, yang menerima predikat rangking 1 atau peringkat pertama adalah siswa yang memiliki rata-rata nilai tertinggi pertama, lalu yang memperoleh peringkat kedua adalah siswa yang memiliki rata-rata nilai tertinggi kedua dan begitu seterusnya.

Lalu bisakah sobat menentukan peringkat atau menentukan rangking dari sekelompok data menggunakan excel ? Sebagai contoh dalam menentukan peringkat/rangking, maka perhatikan tabel dibawah ini yang berisikan data kemiskinan yaitu persentase penduduk miskin menurut kab/kota di propinsi Sulawesi Selatan Tahun 2013. Berdasarkan data 24 kabupaten/kota tersebut, bisakah sobat menentukan rangking/peringkat dari masing-masing kabupaten/kota dilihat dari persentase penduduk miskinnya menggunakan aplikasi Microsoft Excel ?

contoh cara menghitung peringkat di excel

Sebenarnya dengan data diatas yang tidak terlalu banyak, maka bisa saja menentukan peringkatnya secara manual dengan melihat nilai persentasenya, namun hal ini kurang efisien dan bila tidak melihatnya secara jeli maka bisa saja menyebabkan kesalahan dalam menentukan peringkat/rangkingnya.

Cara Menentukan Peringkat Dalam Microsoft Excel

Untuk menentukan peringkat maka ada 2 cara yang bisa dilakukan, pilihan ini tergantung yang mana menurut sobat yang dianggap paling mudah. Adapun caranya yaitu

1. Menentukan Peringkat di Excel Menggunakan Fungsi RANK

Sobat pasti tahu bahwa bahasa Inggris dari peringkat atau Rangking adalah RANK. Salah satu fungsi formula di Excel yaitu RANK, maka gunakan fungsi ini untuk menghitung peringkat atau menentukan rangking di excel. Namun sebelumnya maka perlu diketahui aturan penulisan formula RANK di Excel.

Rumus RANK di Excel

=RANK(sel_data;range_sel;tipe)

  • Sel yaitu sel excel dimana angka nilai yang ingin diketahui peringkat/rangkingnya.
  • Range_sel yaitu rentang sel yang berisikan angka nilai yang menjadi dasar perbandingan untuk melakukan pemeringkatan data.
  • Urutan adalah cara menentukan peringkat yang mana bila anda pilih 1 maka peringkat pertama dimulai dari nilai yang terkecil (Ascending) sedangkan bila anda pilih nilai 0 maka peringkat pertama dimulai dari nilai yang terbesar (Descending).

Pada contoh tabel diatas maka bila kita menginginkan cara pemeringkatan atau perangkingan dengan aturan bahwa peringkat pertama adalah kabupaten/kota yang paling baik dalam hal pengentasan kemiskinan dengan melihat persentase penduduk miskinnya yang paling kecil. Bila hal ini yang ingin dilakukan maka langkahnya adalah

  • Pada sel C3 anda ketikkan rumus =RANK(B3;B3:B26;1) maka hasilnya adalah 18, ini menunjukkan bahwa Selayar menempati peringkat terbaik ke 18 dari 24 Kabupaten/Kota yang ada di Sulsel dalam hal pengentasan kemiskinan.
  • Kemudian anda salin rumus diatas dengan mencopy selnya kemudian di paste ke sel C4 sampai dengan C26, namun yang perlu diketahui bahwa bila formula di sel C3 tidak dimodifikasi sedikit maka akan menimbulkan kesalahan dalam penyalinan formula ke sel lainnya. Lho kok bisa ? Sebagai contoh bila anda copy sel C3, lalu anda paste ke sel C4 maka rumusnya menjadi =RANK(B4;B4:B27;1). Coba perhatikan bahwa pada formula ini, range selnya mengalami perubahan yang seharusnya tidak boleh berubah, seharusnya tetap B3:B26 bukan B4:B27, karena bila ini tidak diperhatikan maka bila diteruskan copy paste formula pada sel lainnya untuk menentukan peringkat data maka ini bisa menyebabkan kesalahan yang fatal. Maka solusinya adalah sebelum melakukan copy paste, penulisan rentang selnya perlu ditambahi tanda $ antara abjad dan angkanya untuk mengunci agar tidak bergerak sehingga B3:B26 menjadi B$3:B$26. Jadi penulisan formula pada sel C3 yaitu =RANK(B3;B$3:B$26;1)
  • Bila penulisan formula pada sel C3 telah menggunakan tanda $ maka copy sel C3, lalu pastekan pada sel C4 sampai dengan C26 maka hasilnya akan seperti gambar excel dibawah ini. (lihat pada kolom peringkat terbaik)

peringkat kemiskinan kabupaten kota di sulawesi selatan tahun 2013

Namun bila pemeringkatannya menggunakan pola sebaliknya yaitu peringkat pertama adalah kabupaten/kota yang paling buruk dalam hal pengentasan kemiskinan dengan melihat persentase penduduk miskinnya yang paling besar. Bila hal ini yang ingin dilakukan maka langkahnya adalah

  • Pada sel D3 anda ketikkan rumus =RANK(B3;B$3:B$26;0) maka hasilnya adalah 7, ini menunjukkan bahwa Selayar menempati peringkat terburuk ke 7 dari 24 Kabupaten/Kota yang ada di Sulsel dalam hal pengentasan kemiskinan.
  • Lalu copy sel D3, lalu pastekan pada sel D4 sampai dengan D26 maka hasilnya akan seperti gambar excel diatas. (lihat pada kolom peringkat terburuk)

Bila dilihat dari hasil simulasi diatas, maka bisa diketahui 3 peringkat yang terbaik dalam hal pengentasan kemiskinan bila dilihat dari sisi persentase penduduk miskinnya adalah kota Makassar, kabupaten Sidenreng Rappang dan kota Pare-Pare, lalu 3 peringkat terburuk dalam pengentasan kemiskinan yaitu Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Jeneponto. Lalu bagaimana dengan peringkat kemiskinan untuk Kabupaten Bulukumba dimana saat ini saya bertempat tinggal dan Kabupaten Bantaeng dimana saya bekerja ? Peringkat Terbaik ke 8 diraih oleh Kabupaten Bulukumba sedangkan Bantaeng berada pada peringkat terbaik ke 14 dari 24 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan.

2. Menentukan Peringkat di Excel 2007 Menggunakan Fasilitas SORT

SORT biasa dipakai untuk mengurutkan data dari data terkecil ke data yang terbesar (Ascending) atau mengurutkan data dari data terbesar ke data terkecil (Descending). Aturan penggunaan SORT ini adalah

  • Bila yang diurutkan adalah Abjad, maka pilihan untuk SORT nya adalah Sort A to Z untuk mengurutkan data dimulai dari abjad a dan seterusnya, sedangkan Sort Z to A untuk mengurutkan data dimulai dari abjad z dan seterusnya.
  • Bila yang diurutkan adalah angka atau bilangan maka pilihan SORT nya adalah Smallest to Largest untuk mengurutkan data dimulai dari bilangan yang terkecil ke bilangan yang terbesar, sedangkan Largest to Smallest untuk mengurutkan data dimulai dari bilangan yang terbesar ke bilangan yang terkecil.

Terkait dengan contoh kasus diatas maka cara lain untuk menentukan peringkatnya yaitu menggunakan fasilitas SORT, lalu setelah datanya berurutan maka gunakan fasilitas Auto fill yaitu Fill Series untuk menentukan peringkatnya. Namun dengan penggunaan cara ini maka kabupaten/kota akan tersusun secara sistematis berdasarkan peringkatnya dimulai dari peringkat pertama dan seterusnya sampai ke peringkat yang terakhir. Penggunaan cara ini tentunya akan merubah tampilan susunan awal datanya dibandingkan bila menggunakan fungsi RANK. Jadi semuanya itu tergantung kepada anda, mau pilih cara yang mana ?

Bila peringkat pertama adalah yang angka kemiskinannya paling rendah maka caranya adalah

  • Anda blok dari sel A3 sampai sel B26
  • Lalu pada ribbon Home pada group Editing klik panah kebawah pada Sort & Filter lalu klik Custom Sort
  • Pada kotak dialog SORT yang muncul hilangkan tanda ceklist pada My data has headers dengan maksud bahwa data pada baris (row) ke 3 tidak dianggap sebagai header tetapi sebagai data.
  • Pada bagian Sort by pilih Column B lalu pada Order pilih Smallest to Largest.
  • Kemudian klik tombol OK, maka data akan diurutkan ulang dari nilai yang paling kecil ke nilai yang paling besar.
  • Pada Sel C3 anda ketikkan angka 1, lalu pada sel C4 anda arahkan kursor kebagian bawah kanan hingga muncul tanda plus (+) lalu anda tarik kebawah, lalu pada Autofill option yang muncul pada bagian kanan sel yang paling bawah anda pilih Fill Series
  • Hasilnya bisa anda lihat pada gambar excel dibawah ini

cara peringkat data di excel dengan sort

Lalu bagaimana menentukan peringkatnya dengan tipe Descending yaitu peringkat pertama dimulai dari nilai yang terbesar atau dengan kata lain untuk data diatas yang ingin dilihat adalah peringkat terburuk dalam hal pengentasan kemiskinan? Caranya sama dengan cara diatas, hanya perbedaannya saat tahapan sampai membuka kotak dialog SORT maka opsi yang dipilih pada bagian Order adalah Largest to Smallest.

Cara Mengetahui Nilai Yang Diperoleh Untuk Peringkat Tertentu

Setelah sobat mengerti cara menghitung peringkat data di excel baik dengan cara menggunakan fungsi RANK atau memakai fasilitas SORT, maka bila pertanyaan terkait peringkat itu dirubah seperti skema pertanyaan dibawah ini !

Nilai Sekian => Berapa Peringkatnya ?

Namun pertanyaannya menjadi :

Peringkat Sekian => Berapa Nilai Datanya ?

Pada contoh data pada tabel pertama misalnya anda belum melakukan pemeringkatan data, bila muncul sebuah pertanyaan misalnya kabupaten yang menduduki peringkat terbaik ke 12 berapa angka kemiskinannya dan kabupaten yang mendapatkan peringkat terburuk ke 5 berapa angka kemiskinannya?

Bila 2 pertanyaan ini diajukan maka ada 2 fungsi Excel yang digunakan yaitu LARGE dan SMALL. Bila peringkat pertama ditentukan dari nilai yang paling kecil (Ascending) maka gunakan fungsi SMALL dan bila peringkat pertama ditentukan dari nilai yang paling besar (Descending) maka gunakan fungsi LARGE.

Rumus Untuk Fungsi SMALL dan LARGE

=LARGE(rentang_sel;rangking)

=SMALL(rentang_sel;rangking)

Ket :

  • Range_sel adalah rentang sel yang berisi nilai sebagai dasar dalam penentuan peringkatnya.
  • Rangking adalah peringkat berapa yang ingin diketahui nilai datanya.
  • Penggunaan tanda titik koma (;) pada pemisah argumen diatas digunakan bila settingan bahasa di komputer menggunakan bahasa Indonesia, bila masih default dalam bahasa Inggris maka gunakan tanda koma (,) untuk memisahkan 2 argumen diatas sehingga penulisan formulanya menjadi =Large(rentang_sel,rangking) atau =Small(rentang_sel,rangking)

Untuk pertanyaan peringkat terbaik ke 12 berapa angkanya maka sobat bisa mengetikkan rumusnya pada sel E3 yaitu =SMALL(B3:B26;12) akan menghasilkan nilai 10,32 serta untuk pertanyaan peringkat terburuk ke 5 maka sobat bisa mengetikkan pada sel E4 yaitu =LARGE(B3:B26;5) akan menghasilkan nilai 15,11

Semoga artikel diatas terkait dengan cara menentukan peringkat di Excel bisa bermanfaat bagi anda yang menggunakan aplikasi ini …. Amin.

Ini Yang Anda Cari :

  • cara menghitung peringkat klasemen liga inggris menggunakan excel

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>