Home » Tutorial » Excel » Cara Mencetak Dokumen atau Print Lembar Kerja di Excel 2007

Cara Mencetak Dokumen atau Print Lembar Kerja di Excel 2007

Tips Mencetak di Excel – Bila anda menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007, terkadang pada suatu saat anda akan mencetak dokumen atau lembar kerja ke atas kertas menggunakan printer yang anda miliki. Sebelum anda menekan perintah eksekusi Print dengan menekan tombol Ctrl + P yang memunculkan kotak dialog Print yang artinya sudah siap untuk mencetak dokumen, maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelumnya, ini didasarkan pada pengalaman saat saya mencetak dokumen excel menggunakan printer, yaitu

  1. Mengatur Setting Ukuran Kertas (apakah ukuran kertas yang akan digunakan A4, Folio, Letter dsb) dan Orientasi Kertas (apakah Portrait atau Landscape)
  2. Melihat Kondisi Lembar Kerja dalam Modus Tampilan“Page Break Preview
  3. Mengatur Ulang Setting Margin Kertas
  4. Mengatur Ulang Lebar Baris dan Kolom Excel bila diperlukan
  5. Mengatur Skala Ukuran Kertas bila diperlukan
  6. Melihat Lembar Kerja dalam Print Preview
  7. Melakukan Pencetakan

1.       Mengatur Setting Ukuran dan Orientasi Kertas (Size)

Agar saat mencetak dokumen excel tidak terjadi hal yang tak diinginkan, maka perlu diperhatikan ukuran dan orientasi kertas sangat penting, misalnya kertas yang akan digunakan adalah kertas berukuran A4 sedangkan yang tersetting di excel adalah kertas berukuran Folio atau mungkin berukuran Legal yang lebih panjang, maka apakah yang terjadi bila settingan ukuran kertasnya di excel tidak dirubah ke ukuran A4 ? Bila anda tidak merubah settingannya maka yang terjadi saat mencetak dokumen excel adalah

  • Ada kemungkinan teks yang tercetak akan terpotong dibagian bawah (umumnya ini terjadi pada settingan orientasi kertas yang memilih Portrait )
  • Ada kemungkinan teks yang tercetak akan terpotong dibagian kanan (umumnya ini terjadi pada settingan orientasi kertas yang memilih Landscape ), biasanya orientasi landscape dipilih saat mengetik tabel yang mempunyai jumlah kolom yang banyak.

Bila anda belum tahu cara mengatur settingannya, maka baca artikel berikut “cara mengatur setting ukuran dan orientasi kertas di excel”. Secara singkat caranya yaitu klik ribbon Page Layout => Size (untuk merubah/mengganti ukuran kertas) atau Orientation (untuk merubah /mengganti orientasi kertas).

2.       Melihat Kondisi Lembar Kerja dalam Modus Tampilan “Page Break”

Mungkin anda bertanya apa modus tampilan lembar kerja “Page Break” ? Secara default tampilan lembar kerja di Excel ditampilkan dalam modus “Normal”. Bila anda memilih opsi “Page Break Preview” maka lembar kerja excel akan ditampilkan mirip seperti dokumen biasa yang membagi lembar kerja kedalam beberapa halaman, serta juga menampilkan batas margin, sehingga bisa diketahui bila ada teks akan terpotong bila dicetak. Agar anda mengerti secara jelas beda antara tampilan “Normal “ dan “Page Break” lihat gambar excel dibawah ini !

Lembar Kerja Excel dalam Modus Tampilan Normal

modus tampilan excel normal

Lembar Kerja Excel dalam Modus Tampilan Page Break

modus tampilan excel page break



Cara untuk menampilkan lembar kerja dalam modus “Page Break” yaitu klik ribbon View => Page Break Preview

menampilkan lembar kerja excel page break

3.       Mengatur Ulang Setting Margin Kertas

Setelah lembar kerja di excel dalam tampilan page break maka anda akan lebih jelas melihat apakah ada teks yang akan tercetak terpotong, oleh karenanya bila memang ada yang demikian, maka anda bisa merubah margin kiri-kanan atau margin atas-bawah dengan mengurangi nilai marginnya. Namun tidak selamanya, hal ini bisa mengatasi masalahnya karena kompleksitas masalah yang terjadi.

Sebagai contoh sebuah kasus yaitu saat saya akan mencetak dokumen dengan ukuran kertas folio, kebetulan sejak awal ukuran kertas yang tersetting adalah Legal dengan orientasi kertasnya adalah Landscape, serta kebetulan tidak ada pilihan pada settingan printer untuk kertas berukuran Folio, maka saya tetap membiarkan kondisi seperti itu. Saya tambahkan ukuran margin kanannya, dari 2 cm menjadi 4,5 karena seperti yang diketahui bahwa panjang ukuran kertas Legal kurang lebih 35,5 cm sedangkan panjang kertas Folio kurang lebih 33 cm, karena bila marginnya tetap 2 cm maka akan ada teks yang tercetak terpotong, walaupun bila dilihat dalam tampilan page break kelihatan tidak ada teks yang overlapping. Bila anda belum mengetahui cara mengatur settingannya, maka baca artikel berikut “cara mengatur margin kertas di excel”. Secara singkat caranya yaitu klik Page Layout => Margin.

4.       Mengatur Lebar Baris dan Kolom Excel

Bila anda telah melakukan berbagai langkah diatas agar tidak ada teks yang tercetak terpotong, maka merubah/mengganti lebar baris dan kolom perlu juga dilakukan dengan mengurangi lebar kolom excel  atau mengurangi tinggi baris excel, selain agar bisa tercetak dengan tampilan yang proporsional tetapi juga bisa dilakukan untuk menghindari adanya teks yang terpotong saat dicetak atau di print. Bila anda belum mengetahui cara mengatur settingannya, maka baca artikel berikut “cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris di excel”.

5. Mengatur Skala Ukuran Kertas bila diperlukan

Bila hal diatas telah dilakukan juga, namun belum bisa mengakomodir terjadinya teks yang terpotong saat dicetak, maka anda bisa melakukan scaling seperti mesin fotocopy dengan memperkecil atau memperbesar ukurannya dengan memasukkan nilai persentase yang diinginkan pada bagian Scale di menu ribbon Page Layout. Secara default nilai yang ada pada bagian scale adalah 100%.
scaling dokumen di excelUntuk kasus ini maka anda perlu mengurangi nilainya hingga tidak ada teks yang keluar dari batas marginnya saat tampil dalam modus “Page Break”, namun konsekuensi dari hal ini maka ukuran font teksnya akan mengalami penyusutan juga, jadi semuanya juga perlu dipertimbangkan.

6. Melihat Lembar Kerja dalam Print Preview

Sebelum anda mencetak dokumen, maka pastikan segala sesuatu udah baik, maka perlu juga menampilkan print preview-nya dengan menekan tombol Office button yang berada di pojok sebelah kiri atas, kemudian klik Print => Print Preview

7. Melakukan Pencetakan

Bila segala sesuatunya sudah dianggap sudah tidak ada masalah, maka untuk mencetak dokumen excel, anda tinggal menekan tombol kombinasi Ctrl + P untuk membuka kotak dialog Print. (lihat gambar dibawah ini)

kotak dialog print untuk mencetak dokumen di excel 2007

  • Pada Name di bagian Print, anda bisa memilih jenis printer yang sesuai dengan yang anda miliki.
  • Pada Number of copies di bagian Copies, masukkan nilai selain angka 1 bila anda ingin menggandakan dokumennya, bila tidak biarkan saja angka 1 itu
  • Di bagian Print Range pilih opsi All bila ingin mencetak semua halaman pada lembar kerja excel 2007 anda, atau pilih Page(s) from dengan memasukkan nilai From dan To sesuai dengan halaman yang ingin dicetak, misalnya yang ingin dicetak halaman 3 saja maka masukkan angka 3 pada From dan To, atau bila yang dicetak adalah halaman 3 sampai dengan halaman 7, maka masukkan angka 3 pada From dan angka 7 pada To
  • Bila anda sudah siap mencetaknya maka tekan tombol OK.

Ini Yang Anda Cari :

cara mencetak lembar kerja ke printer | cara print excel agar tidak terpotong | cara ngeprint excel agar tidak terpotong | cara ngeprint excel | cara print data excel agar tidak terpotong | cara print di excel agar tidak terpotong | cara ngeprint menggunakan kertas legal di exel | cara mencetak ms excel | cara print file excel agar tidak terpotong | cara print excel yang terpotong | cara print di excel | jelaskan cara mencetak lembar kerja ke printer | jelaskan prosedur mencetak lembar kerja ke printer | langkah langkah mencetak kertas kerja dalam microsoft excel | cara setting kertas saat print ms excel | cara print excel 2007 normal | langkah mencetAk kertas kerja di ms excel | cara print excel tanpa terpotong | jelaskan langkah-langkah mencetak dokumen menggunakan kertas ukuran A4 | langkah langkah mencetak dokumen pada program Ms Exsel yang singkat |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>