Home » Tutorial » Excel » Cara Membuat Custom List Autofill Sendiri di Excel 2007

  
        
          

Apakah Sobat pernah bekerja menggunakan Excel 2007 ? Saat Sobat mengetik sebuah nama bulan misalnya Januari pada sebuah sel di Excel 2007 dan dengan menggunakan fasilitas autofill maka dengan mudah Sobat bisa mengisi sel- sel berikutnya dibawahnya atau mungkin disampingnya dengan nama bulan-bulan berikutnya yaitu Februari, Maret sampai dengan Desember tanpa perlu lagi mengetiknya secara manual yaitu dengan cara mengklik sel yang berisi tulisan Januari dan mengarahkan kursor mouse pada pojok kanan bawah dari sel tersebut hingga muncul tanda plus (+), lalu tarik kesamping atau kebawah.

Hanya saja yang disayangkan data berseri yang ada dalam daftar list autofill hanya mencakup nama hari dan bulan saja. Pada settingan komputer dalam bahasa Indonesia maka secara default di aplikasi Microsoft Excel 2007 daftar list autofillnya adalah sebagai berikut :

  • Mon, Tue, Wed, Thu, Fri, Sat, Sun
  • Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday
  • Jan, Feb, Mar, Apr, May, Jun, Jul, Aug, Sep, Oct, Nov, Dec
  • January, February, March, April, May, June, July, August, September, October, November, December
  • Sen, Sel, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu
  • Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu
  • Jan, Feb, Mar, Apr, Mei, Jun, Jul, Agust, Sep, Agust, Sep, Okt, Nop, Des
  • Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, Nopember, Desember

Namun bila ingin menambah daftar list autofill selain yang ada diatas, maka itu bisa dilakukan dengan menambah data berseri lainnya dalam daftar list autofill sesuai dengan keinginan Sobat.

Cara Membuat Custom List Autofill Sendiri di Excel 2007

  1. Klik Microsoft Office Button pada bagian pojok kiri atas, lalu klik Excel Options pada bagian sebelah kiri bawah.
  2. Pada kotak dialog yang muncul pilih kategori Popular lalu di jendela sebelah kanannya di bagian Top options for working with Excel, pilih Edit Custom Lists.cara-membuat-custom-list-autofill-tutorialexcel2007
  3. Pada kotak dialog Custom List yang muncul maka untuk membuat daftar data berseri sendiri, Sobat tinggal mengetiknya di kolom sebelah kanan (List Entries), sebagai contoh saya ingin membuat data seri yaitu Minggu Pertama, Minggu Kedua, Minggu Ketiga, Minggu Keempat, Minggu Kelima kemudian tekan Add dan OK.kotak-dialog-custom-lists-tutorialexcel2007

Bila sobat sebelumnya telah mengetikkan daftar custom Autofill di lembar kerja excel, maka kita tidak perlu lagi mengetikkannya secara manual kedalam kotak List Entries. Sebaliknya, kita cukup mengimpornya dengan mengklik pada bagian kotak “Press enter to separate list entries. Import list from cells :” lalu kemudian drag menggunakan mouse range sel dimana daftar listnya yang berada di lembar kerja excel sehingga akhirnya yang terisi pada kotak itu range sel misalnya $A$1:$A$4 lalu setelah itu klik tombol Import dan setelah itu klik tombol OK.

Perlu diketahui oleh sobat bahwa daftar list yang ditambahkan sendiri ke dalam Autofill, sewaktu-waktu bisa kita hapus atau kita edit kembali, namun daftar list yang sudah built in dengan aplikasi Excel maka kita tidak bisa mengedit dan menghapus daftarnya dari  kotak dialog Custom Lists.

Bila sobat tidak menginginkan fitur Autofill ini aktif untuk membatasi orang lain yang menggunakan komputer kita atau kita menganggapnya kurang begitu penting, maka caranya yaitu

  • Klik Microsoft Office Button yang berada di pojok kiri atas lalu klik Excel Options yang berada dibagian bawah.
  • Setelah kotak dialog Excel Options muncul, maka pilih kategori Advanced, lalu dibagian Editing options hilangkan tanda centang pada pilihan Enable fill handle and cell drag and drop.
  • Bila udah selesai jangan lupa untuk menekan tombol OK.

Semoga Tutorial Excel 2007 kali ini terkait dengan cara membuat custom list autofill sendiri di excel 2007 yang ditulis di blog hadiyanto dot net bisa bermanfaat .. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>