Home » Tutorial » Excel » Cara Membuat Arsiran Pada Sel Excel 2007

tutorial excel 2007Bila sobat menggunakan microsoft Excel 2007 maka sobat bisa memberikan sebuah variasi yang berbeda pada lembar kerja Excelnya  dengan memberikan sebuah arsiran pada sel Excelnya. Arsiran pada sel tersebut bisa digunakan sebagai sebuah alternatif selain melakukan shading pada sel Excel.

Coba sobat perhatikan contoh gambar Excel dibawah ini yang mana ada beberapa sel yang diarsir tanpa warna latar dan beberapa sel lainnya diarsir dengan warna latar.

contoh-arsiran-sel

Bagaimana setelah anda melihat contoh gambar sel excel yang diarsir diatas, tentunya kelihatan lembar kerja excel anda akan lebih kelihatan lebih stylist bukan ?

Nah jika anda ingin membuat arsiran sel, yaitu

  1. Pilih sel yang akan diberi arsiran.
  2. Klik ribbon Home, lalu tekan tanda anak panah di sudut kanan bawah pada grup Alignment.
    ribbon-home-grup-alignment
  3. Pada kotak dialog Format Cells yang muncul, pilih tab Fill (lihat gbr panah 1) . Pada bagian Pattern Style, klik drop-down(lihat gbr panah 2) untuk memilih bentuk arsiran yang diinginkan (lihat gbr panah 3). Untuk memberikan warna yang berbeda untuk garis arsirannya karena secara default garis arsirannya berwarna hitam, maka pada bagian Pattern Color : anda pilih warna yang lain sesuai dengan yang anda sukai.
    kotak-dialog-format-cells-tab-fillUntuk memilih arsiran sel tanpa warna latar maka pastikan pada bagian Background color klik tombol No Color(lihat gbr panah 4) atau jika anda menginginkan warna latar maka pilih salah satu warna yang anda inginkan (lihat gbr panah 5). Bila anda ingin memilih jenis warna yang lain maka anda bisa memilih warna lainnya dengan mengklik More Colors.  Bila warna latar yang anda inginkan mempunyai graduasi warna tertentu bukan hanya satu warna latar saja maka yang perlu anda lakukan maka klik tombol Fill Effects untuk menentukan graduasi warna yang anda inginkan.
  4. Tekan OK dan  ulangi  mulai langkah pertama lagi jika ada sel lain yang ingin diarsir dengan model variasi yang berbeda.

Semoga dengan penjelasan diatas anda mengerti apa yang saya jelaskan, secara garis besar ada 2 hal yang perlu diperhatikan dari gambar kotak dialog Format Cells tab Fill yaitu

  1. Membuat Arsiran Sel baik dalam bentuk garis-garis (garis miring atau kotak-kotak), bintik-bintik atau variasi lainnya dengan warna dasar defaultnya berwarna hitam dengan pilihan macam bentuknya ada 18 macam yang terletak pada bagian Pattern Style serta salah satunya adalah pilihan tanpa arsiran pada sel excel. Bila anda ingin merubah bentuk arsiran pada sel excel yang telah ada sebelumnya menjadi polos saja tanpa arsiran maka yang anda pilih adalah pada bagian atas pojok kiri yang polos tanpa arsiran pada bagian Pattern Style. Bila arsirannya baik dalam bentuk garis atau bentuk lainnya yang anda inginkan mempunyai garis berwarna selain hitam, misalnya garis merah maka anda cari warna yang sesuai pada bagian Pattern Color.
  2. Membuat Warna Latar Sel Excel, bila anda menginginkan tanpa warna latar maka pada bagian Background Color pilih No Color, tetapi bila menginginkan latar atau background sel excelnya berwarna maka pilihlah warna yang ada pada bagian Background Color atau bila mau melihat macam warna yang lebih banyak pilihannya maka klik More Colors tetapi bila warna latarnya ingin mempunyai graduasi warna maka klik Fill Effects

Semoga Tutorial Excel 2007 kali ini terkait dengan cara membuat arsiran di sel excel 2007 yang ditulis di blog hadiyanto dot net bisa bermanfaat .. Amin.

Ini Yang Anda Cari :

  • cara membuat arsiran di excel
  • membuat arsiran di excel 2007
  • caramemberi arsiran pada cell
  • cara bikin box piramida
  • cara meNGGANTI name box pada excel 2007
  • cara menghilang kan garis arsir microsoft excel
  • cara menghilangkan garis latar exel
  • gambar latar kamar yg diarsir
  • garis bintik-bintik di microsoft word
  • memberikan arsiran pada sel excel

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>