Home » Tips Seputar Rumah » Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Kita mungkin mengenal beberapa nama tikus yaitu  tikus rumah, tikus sawah, tikus tanah, tikus curut  dan tikus got. Ada lagi satu jenis tikus yang oleh segelintir masyarakat dibudidayakan yaitu tikus putih. Siapa sih yang tidak kenal dengan seekor binatang pengerat yang dianggap jorok dan menjijikkan oleh masyarakat yaitu

TIKUS

. Anda pasti tidak akan senang jika rumah anda selalu di datangi oleh tikus dan tentunya anda akan berpikir bagaimana cara mengusir tikus dari rumah ? Mungkin anda bisa simak tips ampuh dibawah ini untuk mengusir tikus.

Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah

  1. Jika anda mempunyai sabun batangan, maka coba anda letakkan sabun batangan di tempat-tempat yang biasanya dilalui oleh tikus rumah, ini bertujuan untuk mencegah tikus datang ke rumah anda dan  tikus tidak mendekat lagi ke rumah anda.

  2. Coba anda gunakan buah mengkudu atau pace untuk mengusir tikus, yaitu caranya anda potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian. Kemudian anda letakkan pada tempat-tempat  yang biasanya didatangi oleh tikus. Aroma dari mengkudu akan membuat tikus enggan untuk mendekat, dan jika aromanya telah menghilang maka gantilah dengan yang baru, lakukan hal tersebut selama beberapa hari, maka tikus tidak akan berani datang  lagi ke rumah anda.

  3. Daun kemangi, selain enak dibuat untuk lalapan ternyata bisa juga digunakan untuk mengusir tikus dari rumah kita. Caranya cukup mudah dan praktis, yaitu dengan menebarkan daun-daun kemangi itu  ke tempat yang sering dilalui tikus atau bisa juga daun tersebut diletakkan di sarang tikus maka itu akan membuat tikus tak akan betah di rumah Anda.

  4. Diantara spesies tikus ada yang namanya celurut. Celurut berbentuk kecil, badan serta moncongnya agak panjang. Celurut ini gemar  masuk ke dapur, kebawah meja, kursi-kursi serta ke tempat-tempat yang agak gelap. Celurut sangat bau dan apabila lewat selalu meninggalkan kotoran yang juga berbau tidak sedap. Cara mengusir tikus celurut ini, gunakan saja dahan sirsat (nangka belanda). Caranya ambillah beberapa dahan sirsak yang masih berdaun, lalu letakkan di tempat-tempat yang biasa dilewati oleh tikus celurut ini. Bau dari dahan sirsak itu mampu membuat tikus-tikus kecil ini tak berani lagi keluyuran di rumah kita.

  5. Coba anda taruh saja jangkrik di tempat yang biasa dilewati oleh tikus-tikus itu. Sebaiknya, jangkrik tersebut ditaruh didalam tempat yang memudahkannya leluasa untuk bergerak. Jangkrik akan mengerik pada siang dan malam hari bila tempatnya gelap. Tikus-tikus akan ketakutan mendengar suara jangkrik tersebut. Mereka pun tak akan berani keluar atau mungkin pindah tempat karena ketakutan. Tapi anda jangan lupa untuk memberikan makanan pada jangkrik anda agar tidak mati kelaparan.

  6. Kita tahu bahwa salah satu predator dari tikus yaitu kucing, maka tak ada salahnya anda memelihara kucing di rumah anda karena tikus takut sama kucing. Tentunya ini akan membuat tikus takut untuk datang lagi ke rumah anda.

Mengusir Tikus dari Rumah Dengan Teknologi Modern

Jika beberapa cara alami diatas gagal untuk mengusir tikus dari rumah maka coba penggunaan penerapan teknologi modern untuk mengusir tikus dengan menggunakan alat yang bernama Tissor Electronic Pest Repeller. Alat ini mengandalkan gelombang ultrasonik dan gelombang elektro magnetik yang terintegrasi dalam satu unit untuk mengusir tikus.

Teknologi suara ultrasonic.

Teknologi suara ultrasonik merupakan salah satu metode atau cara yang ditawarkan untuk mengusir tikus. Dengan menggunakan bunyi suara ultrasonik berfrekuensi tinggi yaitu 35.000 Hz yang hanya bisa didengar oleh binatang ordo rodentia, termasuk diantaranya tikus serta suara dengan frekuensi tinggi tersebut tidak bisa didengar oleh manusia. Suara ultrasonik berfrekuensi tinggi tersebut membuat ketidaknyaman pada tikus. Alat ini pun memakai generator yang bisa mengeluarkan suara ultrasonik yang lebih keras serta berubah-ubah hingga pada akhirnya membikin tikus semakin merasa terganggu.

Gelombang elektromagnetik

Penggunaan gelombang elektromagnetik merupakan metode atau cara yang ditawarkan untuk mengusir tikus. Gelombang elektromagnetik adalah tenaga yang diperoleh dengan mendayagunakan kabel-kabel listrik yang berada di balik dinding rumah Anda. Dengan adanya daya dukung itu maka produk ini menjadi sebuah alat raksasa untuk mengusir tikus dari rumah anda. Cara kerja alat ini sama halnya dengan ketika kamu menelepon  yaitu saat berbicara maka suara kamu akan dihantarkan lewat kabel telepon pada frekuensi tertentu. Gelombang elektromagnetik menggunakan kabel listrik untuk mengirimkan perubahan sinyal via kabel, yang bisa mengganggu sistem saraf dari tikus. Alat tersebut dengan gampang merubah frekuensi gelombang elektromagnetik dengan sasaran binatang seperti tikus, yang sangat sensitif terhadap adanya perubahan frekuensi elektromagnetik. Sinyal akan mati dan hidup setiap beberapa detik sehingga hewan ini tak bisa membangun daya tahannya. Getaran elektromagnetik yang diperoleh bisa diterima oleh tikus serta akan membuat tikus merasa terganggu dan gelisah. Adanya perbedaan yang dirasakan oleh Tikus didalam lingkungannya akan membikin mereka merasa seolah-olah berada di daerah musuh. Pada akhirnya ini akan mengakibatkan tikus akan berpindah tempat dan menghindar jauh dari sumber gelombang.

Cara kerja Tissor Electronic Pest Repeller
Minggu Pertama :
Ketidaknyamanan dan rasa gelisah yang dirasakan oleh tikus atas terjadinya perubahan suara serta gelombang medan magnet
Minggu Kedua:
Tikus akan mendengar suara ultrasonik yang dikeluarkan oleh alat ini akan terdengar lebih keras dan berubah-rubah, serta di minggu kedua ini, disekitar rumah akan terlihat tikus yang berkeliaran  mencari tempat perlindungan dan membikin lubang untuk keluar.
Minggu Ketiga:
Selain dari suara ultrasonik yang terdengar lebih keras dan berubah-ubah, gelombang elektronik pun memproduksi gelombang yang lebih cepat serta berubah ubah maka ini mengakibatkan tikus lebih cepat lagi  mencari celah dan membikin  lubang untuk segera menjauhkan diri dan pergi dari rumah.
Minggu keempat dan seterusnya:
Di dalam rumah anda tak kelihatan lagi tikus yang berkeliaran serta rumah anda terbebas dari tikus.

Cara Membasmi Tikus dengan Racun Tikus

Selain anda bisa menggunakan beberapa cara diatas untuk mencegah tikus datang ke rumah anda, maka  ada lagi sebuah cara yang bisa anda juga pertimbangkan yaitu dengan membasmi tikus dari rumah dengan menggunakan racun tikus, yaitu dengan membuat tikus mati di tempat. Kita tahu  salah satu masalah menggunakan racun tikus yaitu bau bangkai yang menyengat hidung dan lokasi tempat matinya tikus terkadang susah untuk ditemukan.

Namun ada sebuah tips untuk membuat tikus mati di tempat yang anda bisa lakukan, yaitu

  • Pilihlah racun tikus yang keras, yang hanya membuat tikus mati dua sampai tiga menit setelah memakannya.

  • Campurkan racun tersebut kedalam sisa makanan, daging, tulang atau kepala ikan.

  • Letakkan ditempat yang biasa tikus berlalu lalang, tetapi ingat anda harus menyediakan baskom ceper berisi air dan letakkan tak jauh dari tempat makanan berisi racun tikus tadi.

Setelah makan seperti juga halnya manusia, tikus juga butuh minum, apalagi jika dirasakan makanan yang baru dimakannya itu panas dan menyakiti tubuhnya maka hasrat untuk minum pun akan meningkat. Ketika ia melihat air tentunya ia akan datang. Sepanjang waktu tikus datang dan minum air ini cukup membuatnya mati tanpa sempat lari dari tempat semula. Ataupun kalau tikus tersebut beranjak setelah makan makanan beracun dan minum air maka jarak matinya tak akan jauh dari tempat air tadi.

Selamat Mencoba Semoga Berhasil …

Ini Yang Anda Cari :

  • binatang yg bisa bikin tikus takut
  • cara mengusir tikus curut
  • Cara tradisional mengusir tikus/curut
  • pembasmi celurut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>