Home » Tips Seputar Rumah » Cara Mengusir Semut dari Rumah

Cara Mengusir Semut dari Rumah

Siapa sih yang tak kenal dengan semut, salah satu binatang kecil yang sering berlalu lalang di sekitar rumah anda. Semut ini hidup berkoloni dan jika dilihat dari warnanya maka anda akan mengenal ada semut yang berwarna merah yang disebut dengan semut merah atau semutyang berwarna hitam yang disebut dengan semut hitam. Anda mungkin berpikir cara mencegah semut datang atau bagaimana caranya mengusir semut.

Cara Mencegah Semut Datang dan Cara Mengusir Semut

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah semut datang atau mengusir semut yang bisa anda coba atau praktekkan, siapa tahu diantara cara yang anda lakukan berhasil mencegah semut datang atau berhasil mengusir semut dari rumah anda. Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan, yaitu

  1. Menggunakan jeruk sitrun dengan cara memeras jeruk sitrun dan melumurkan perasan jeruk itu pada tempat-tempat yang sering didatangi oleh semut.

  2. Menggunakan bubuk kayu manis dengan cara membungkus bubuk kayu manis dengan kain tipis, lalu meletakkannya pada tempat yang sering di datangi oleh semut.

  3. Menggunakan baking soda untuk mencegah datangnya semut dengan cara menuangkan baking soda pada tempat-tempat yang selalu dilewati semut, karena dengan begitu semut tidak akan melintasinya lagi.

  4. Menggunakan bubuk kopi dengan cara menaburkannya pada tempat yang rentan didatangi semut.

  5. Menggunakan kulit jeruk dengan cara memblender kulit jeruknya, kemudian menuangkannnya di lubang semut yang bertujuan untuk mencegah semut menyebar ke berbagai tempat.

  6. Menggunakan cuka dengan cara menyemprotkannya di sekitar pintu atau tempat-tempat yang sering di kerubungi semut.

  7. Menggunakan cuka dan madu yaitu dengan cara mencampurkan cuka dengan madu, serta meletakkan campuran antara cuka dan madu itu pada tempat yang sering dikerubungi oleh semut.

  8. Menggunakan bedak bayi yaitu dengan cara menaburkan bedak bayinya pada jalur yang sering dilalui oleh semut, karena bedak bayi ini dapat menghentikan jejak semut sehingga semut tidak mempunyai jalan untuk menyerbu makanan anda.

  9. Menggunakan air mendidih yaitu dengan cara menuangkan air mendidih pada jalur semut karena ini akan menghilangkan jejak semut.

  10. Menggunakan daun sirih dengan cara meletakkan daun sirih pada tempat-tempat semut menempel dan seringkali berkerubung, misalnya di meja makan dan toples gula. Jika perlu juga dengan cara menggosok-gosokkan daun sirih pada tempat yang sering dikunjungi semut, karena dengan bau sirih tersebut bisa membuat semut menyingkir menjauh.

  11. Menggunakan merica biji dengan cara menumbuk merica biji dan menaburkannnya pada tempat yang sering didatangi semut, karena dengan adanya pedas merica akan membuat semut kalang kabut disebabkan semut tidak menyukai aroma dari merica itu.

  12. Menggunakan larutan sabun cuci cair dengan cara memasukkan larutan sabun cuci cair itu kedalam botol penyemprot, lalu menyemprotkan pada tempat-tempat yang sering di datangi semut.

  13. Menggunakan abu obat nyamuk bakardengan cara memasukkan semua abu obat nyamuk bakar itu kedalam lubang semut sampai penuh dan tidak ada celah lagi pada lubang semut dan terakhir menutupnya dengan lelehan lilin.

  14. Menggunakan balsem yaitu dengan cara mengoleskan balsem pada tempat-tempat dimana biasanya semut berjalan beriringan, maka dalam waktu yang singkat semut itu akan pergi menjauh.

Semoga saja dengan mempraktekkan tips dan cara diatas, anda berhasil mencegah dan mengusir semut dari rumah anda, namun yang tak kalah pentingnya adalah anda menjaga kebersihan dalam rumah anda, jangan sampai banyak makanan yang berserakan dalam rumah anda atau ada bangkai hewan dalam rumah anda, karena itu bisa mengundang semut untuk datang berkerubung dalam rumah anda.

Cara Membasmi Semut

Jika anda sudah menggunakan berbagai cara untuk mencegah semut datang atau berbagai cara untuk mengusir semut namun semut ini tetap datang juga maka mungkin cara terakhir yang bisa ditempuh adalah membasmi semut tersebut. Adapun cara yang bisa anda gunakan untuk membasmi semut dari rumah anda yaitu

  1. Menggunakan jagung giling kasar yaitu dengan meletakkannya pada tempat-tempat yang sering didatangi oleh semut, karena jika semut memakan jagung giling itu, maka saat ia meminum air yang terkandung dalam jagung giling itu akan membuat perut semut  mengembang yang pada akhirnya akan membunuh semut itu. (wallahu a’lam).

  2. Menggunakan campuran sirup, gula dan ragi yaitu dengan cara mencampurkan ketiga bahan itu yaitu sirup, gula dan ragi sampai berubah menjadi pasta dan mengoleskan pasta yang terbentuk itu pada selembar kertas. Kemudian anda gunting menjadi beberapa bagian, lalu letakkan pada tempat yang sering di datangi oleh semut, karena dengan semut memakan campuran itu maka semut akan teracuni oleh ragi yang ada dalam campuran tersebut.

  3. Anda bisa membeli kapur khusus untuk membasmi semut (kapur ajaib) yang dijual bebas, adapun cara penggunaannya yaitu dengan  menggaris menggunakan kapur tersebut pada dinding atau lantai yang sering di lalui oleh semut, maka semut yang melewati garis dari kapur ajaib itu akan mati tidak lama setelah melewatinya.

  4. Jika anda melihat koloni semut di sekitar rumah , anda bisa menyiram sarang semutnya menggunakan air panas maka semut itu akan mati terkena siraman air panas itu.

  5. Anda bisa menggunakan minyak tanah untuk membasmi semut dengan menyiram menggunakan minyak tanah pada sarang semut yang ada di sekitar rumah anda.

dikutip dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi

Ini Yang Anda Cari :

  • cara membasmi semut di lubang tembok
  • cara memberantas semut merah di rumahs
  • cara membuat tempat abu obat nyamuk bakar
  • cara mengatasi semut hitam
  • cara mengusir semut hitam rumah
  • dmn datangnya semut hitam
  • membasmi semut dalam rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>