Home » Tips Seputar Rumah » Cara Mengusir Lebah dan 10 Tips Menghindari Sengatan Lebah

Cara Mengusir Lebah dan 10 Tips Menghindari Sengatan Lebah

loading...

cara mengusir lebahApa Beda Lebah Madu dan Tawon ?

Apakah anda berpikir bahwa lebah sama dengan tawon ? Lebah dan tawon itu memang jika dilihat secara fisiknya hampir sama, serta juga sama-sama merupakan anggota Hymenoptera yang bisa terbang. Namun Tawon dan Lebah dapat dibedakan dengan melihat serta membandingkan karakteristik diantara keduanya.

Perbedaan Lebah dan Tawon

Jika anda ingin tahu beda lebah dan tawon maka anda bisa melihat penjelasannya dibawah ini yang saya ambil dari wikipedia dan sumber lainnya

  1. Tawon bertubuh lebih ramping sedangkan lebah bertubuh lebih gemuk dan ukuran tubuh lebah madu umumnya lebih kecil dibandingkan tawon.
  2. Tawon pada mulutnya memiliki rahang (mandibula) untuk menggigit, sedangkan pada lebah tidak mempunya mandibula.
  3. Tawon memiliki rambut yang tipis atau nyaris tidak berambut, namun lebah berambut tebal pada bagian toraksnya.
  4. Kaki tawon mempunyai ukuran yang sama, sedangkan kaki lebah tidak sama ukurannya yang mana kaki belakangnya lebih besar & lebih pipih.
  5. Larva Tawon pada umumnya memakan daging, sedangkan lebah memakan madu.
  6. Apabila lebah madu menyengat maka sengatnya akan tertinggal pada tempat yang disengat dan lebahnya akan segera mati.  Sedangkan tawon, apabila menyengat, sengat tidak tertinggal di tempat yang disengat dan masih bisa meneruskan hidupnya.

Walaupun ada perbedaan diantara keduanya, namun keduanya sama-sama menyengat bila merasa terganggu. Namun mungkin anda akan berpikir bagaimana caranya mengusir lebah atau cara mengusir tawon apalagi bila mereka telah membuat sarang di dekat rumah anda yang bisa sewaktu-waktu menyengat anak anda yang sedang bermain bila secara tidak sengaja mengganggu keberadaan dari lebah dan tawon tersebut.

Cara Mengusir Lebah dan Tawon

Mungkin banyak macam cara yang bisa dilakukan untuk mengusir lebah atau tawon, silahkan anda baca tips dibawah ini yang yang bisa anda praktekkan untuk mengusir lebah atau tawon yang diambil dari berbagai sumber. Namun sebelum melakukan tips dibawah ini sebaiknya anda melakukan pengamanan pada tubuh anda terlebih dahulu, siapa tahu lebah atau tawonnya menyengat anda, yaitu gunakan helm untuk melindungi sengatan lebah atau tawon pada kepala, serta gunakan jaket dan handuk untuk melindungi sengatan lebah atau tawon pada tubuh anda, yang pada intinya menutup celah badan anda dari kemungkinan tersengat oleh lebah atau tawon.

1.  Mengusir Lebah atau Tawon Menggunakan Ban Bekas

Balutkan ban bekas yang sudah tidak terpakai lagi dengan membalutkannya pada ujung bambu, kemudian nyalakan dengan api. Setelah itu dekatkan bara apinya ke sarang tawon atau lebah, maka hal ini akan membuat tawon atau lebah meninggalkan sarangnya tanpa menghiraukan keberadaan anda. Setelah itu baru anda ambil sarangnya bisa menggunakan tangan atau kayu tergantung situasi dan kondisinya.

2. Mengusir Lebah atau Tawon Menggunakan Koran atau Kardus

Kertas atau kardus dibakar kemudian apinya dipadamkan sehingga yang tersisa hanya asap hitam yang gelap. Asap inilah yang akan digunakan untuk mengusir lebah atau tawon, lalu ikat kertas tersebut pada tongkat atau bambu agar bisa menjangkau sarang lebah yang agak tinggi. Kemudian anda asapi sarangnya atau lebahnya, setelah lebah atau tawon meninggalkan sarangnya maka anda bisa membasmi sarangnya.

10 Tips Menghindari Sengatan lebah

Jika anda disengat oleh lebah atau tawon mungkin itu bukan pengalaman yang menyenangkan kecuali anda sedang melakukan pengobatan alternatif terapi sengatan lebah dan bagi mereka yang alergi terhadap sengatan lebah itu maka itu cukup berbahaya. Untungnya, sengatan lebah sebenarnya bisa dihindari, karena pada alasan utama lebah atau tawon akan menyengat karena membela diri, sehingga kunci untuk menghindari sengatannya adalah memastikan lebah tidak merasa terancam oleh keberadaan Anda. Ini anda baca 10 tips untuk menghindari sengatan lebah yang ditulis di salah satu blog bule .

1. Jangan memakai parfum atau cologne.
Dengan kata lain, tidak berbau seperti bunga. Lebah bisa mendeteksi dan mengikuti aroma yang kuat, dengan anda memakai parfum atau cologne akan menarik perhatian lebah dan tawon pencari nektar dari kejauhan. Begitu mereka menemukan sumber bau bunga (Anda), mereka cenderung untuk menyelidiki serta mendarat pada tubuh anda atau berdengung di sekitar tubuh anda.

2. Hindari mengenakan pakaian berwarna cerah, terutama cetakan bunga.
Hal ini sejalan dengan yang pertama yaitu tidak terlihat seperti bunga. Inilah alasan peternak lebah kenapa memakai seragam putih. Jika Anda memakai warna-warna terang, anda seolah-olah sedang meminta lebah untuk mendarat pada Anda. Jauhkan pakaian luar Anda dari warna tersebut atau memakai warna putih , krem atau warna yang cerah jika anda tidak ingin menarik perhatian lebah.

3. Hati-hati apa yang Anda makan di luar ruangan.
Makanan manis dan minuman tentu akan menarik lebah dan tawon. Sebelum Anda menyesap soda Anda, lihat ke dalam kaleng atau gelas dan pastikan tawon tidak pergi kedalamnya untuk mencicipinya juga. Buah juga menarik kerumunan penyegat ini, jadi perhatikan saat mengemil buah matang di luar ruangan. Jangan biarkan Anda duduk mengupas buah persik atau kulit jeruk  di sekitar lebah.

4. Jangan berjalan tanpa alas kaki.
Lebah yang sedang mencari nektar pada bunga semanggi dan bunga kecil lainnya di halaman Anda, dan beberapa tawon membuat sarang mereka di tanah. Jika Anda menginjak atau dekat dengan seekor lebah, mereka akan mencoba untuk melindungi dirinya dan menyengat Anda. Namun jika Anda mengenakan sepatu, itu hanya akan menyakiti dirinya sendiri, bukan Anda.

5. Cobalah untuk tidak mengenakan pakaian longgar.
Lebah dan tawon mungkin saja masuk kedalam kaki celana atau dalam baju Anda,  jika Anda memberi peluang untuk serangga ini untuk masuk ke dalam pakaian anda. Setelah masuk, mereka akan terjebak serta bersentuhan dengan kulit Anda. Dan apa dorongan pertama yang akan anda lakukan ketika  merasakan sesuatu merangkak di dalam pakaian Anda ?  Tentunya anda akan menamparnya pada saat itu, kan?  Inilah yang akan menjadikan awal terjadinya kesialan bagi anda yaitu mendapatkan sengatan dari lebah atau tawon. Memilih pakaian dengan manset ketat, dan tetap menjaga kemeja longgar terselip masuk kedalam.

6. Tinggal diam.
Jika anda takut lebah dan tawon, namun hal terburuk bisa saja terjadi yaitu lebah atau tawon terbang di sekitar kepala anda, lalu anda memukulnya menggunakan alat yang ada disekitar anda. Namun bagaimana halnya bila tidak ada alat yang bisa digunakan untuk memukulnya sedangkan lebah datang  terbang disekitar anda  maka yang perlu anda lakukan adalah mengambil napas dalam-dalam dan tetap tenang. Terbangnya lebah disekitar anda adalah untuk memastikan bahwa apakah anda adalah bunga atau hal yang terkait dengannya dan bila lebah telah menyadari bahwa anda bukanlah bunga maka lebah akan terbang menjauhi anda.

7. Pastikan Jendela Kaca Mobil Anda Tertutup.
Lebah dan tawon bisa saja terjebak dalam mobil anda saat anda membuka jendela kaca mobil anda, di mana mereka akan berdengung berputar-putar,  panik berusaha untuk mencari jalan keluar. Jika Anda sedang mengendarai mobil pada saat itu, ini tentu bisa menjadi sedikit mengganggu. Namun tawon dan lebah tidak bisa masuk ke dalam sebuah mobil yang ditutup kaca mobilnya. Jika Anda menemukan diri Anda memberikan tumpangan ke serangga penyengat yang tidak diinginkan ini, segeralah menepi ketika itu aman untuk melakukannya dan turunkan kaca mobil anda. Jangan mencoba untuk memukul pada saat Anda sedang mengemudi!

8. Bilas sampah dan daur ulang kaleng dan menjaga tutup pada mereka.
Tawon menyukai soda kosong dan botol bir, maka periksa setiap limbah makanan di sampah Anda. Jangan biarkan sisa makanan menumpuk di tempat sampah Anda. Bilas dengan baik, serta selalu menutupnya dengan rapat untuk menjaga tawon jauh dari sampah. Hal ini secara substansial bisa mengurangi jumlah tawon berkeliaran di halaman Anda.

9. Jangan nongkrong di taman bunga.
Ada kemungkinan anda disengat saat mengagumi bunga-bunga kecil, tetapi jika Anda merasa was-was maka anda jangan nongkrong pada tempat di mana jumlah lebahnya paling banyak. Lebah menghabiskan sebagian besar waktu dan energi mereka mengumpulkan nektar dan serbuk sari dari bunga. Jangan menghalangi jalan mereka. Jika anda ingin posisinya berada tepat lurus di muka bunga atau anda ingin memetik bunga, maka perhatikan dan tunggu dulu sampai lebah  telah pindah ke bunga yang lain.

10. Panggil seorang profesional yang menginginkan lebah atau tawon atau basmi mereka.
Tidak ada yang membuat marah serangga penyengat daripada ketika seseorang mengganggu atau menghancurkan rumahnya. Peternak lebah profesional atau ahli pengendalian hama dapat membasmi tawon atau lebah sarang lebah atau kawanan dengan aman, tanpa menempatkan anda pada risiko terkena sengatan.

Ini Yang Anda Cari :

cara mengusir lebah | cara mengusir tawon | cara mengusir lebah madu | cara mengambil madu dari sarang lebah | cara menghindari sengatan lebah | cara mengusir tawon yang bersarang di rumah | lebah madu masuk rumah cara mengetahui sarang nya di mana | kelemahan tawon | cara menaklukan lebah | penangkal lebah | cara ngebuang sarang engang | cara menghindari sebgatan tawon | cara megatasi kalau di kejar penyegat | cara membuat tawon pergi dari sarangnya | cara mengusir tawon di pohon | cara mengambil madu lebah liar | penangkal tawon | cara mengambil madu lebah | cara mengusir lebah dari rumah | bacaan utuk menghindari dari sengatan tebah |

One thought on “Cara Mengusir Lebah dan 10 Tips Menghindari Sengatan Lebah

  1. Yessy Anwar says:

    dibaah kawar saya ada sarang lebah tanah, sudah 2 kali setelah subuh keluar memcari cahaya lampu, dengan jumah cukup banyak.
    bagaimana menanggulanginya, bagaimana mengusirnya?
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *