Home » Tips Seputar Rumah » Cara Mengusir Laron dan Rayap dari Rumah

Cara Mengusir Laron dan Rayap dari Rumah

Seringkali kita lihat saat musim hujan datang, banyak laron yang beterbangan di sekitar lampu neon. Hal ini tentu saja terkadang seringkali menganggu pemandangan dan mengurangi terangnya sinar lampu. Maka ada sebuah cara yang bisa anda lakukan untuk mengusir laron dari rumah anda. Gantungkan cabai merah yang berukuran besar sebanyak satu atau dua buah di tempat laron itu beterbangan, maka dalam waktu yang relatif singkat maka laron-laron itu pun akan menghilang dari rumah anda. Semoga cara mengusir laron menggunakan cabe merah ini berhasil anda lakukan.

Cara Mengatasi Rayap

Selain laron mungkin yang tak kalah mengganggunya adalah Rayap. Serangga mirip semut ini merupakan serangga yang dapat membuat kerusakan pada kayu baik furniture terbuat dari kayu atau konstruksi rumah yang terbuat dari kayu. Rayap berkembangbiak secara pesat pada musim hujan, ia menyukai suasana lembab. Pada musim hujan pula, rayap akan membentuk koloni baru. Dimana ada laron yang bermunculan merupakan rayap dewasa jantan dan betina yang mencari pasangan. Rayap hidup berkoloni, inilah kekuatannya meski ia serangga kecil dan lemah. Dengan berkoloni, rayap mampu menembus permukaan tanah dan merusak perabotan dari kayu dengan memakannya.

Cara Mencegah Rayap datang ke Rumah

  • Sebaiknya memberi jarak saat menempatkan barang-barang berbahan kayu dengan tanah atau lantai. Bereskan sisa material kayu dekat pondasi rumah, ini bisa menjadi pintu masuk rayap. Perbaiki genteng atau saluran air yang bocor. Kebocoran akan menyebabkan kelembaban, situasi favorit rayap.
  • Pemilihan jenis kayu yang benar bisa menjadi langkah awal yang benar untuk pencegahan. Untuk kusen, pilihlah jenis kayu jati atau merbau yang kurang disukai rayap. Kayu jati tidak disukai rayap karena materinya yang keras, sedangkan kayu merbau mengeluarkan bau khas yang menyengat serta mengandung zat ekstraktif yang bersifat racun bagi jamur dan rayap.
  • Setelah pemilihan kayu yang benar, langkah selanjutnya adalah menyemprotkan bahan kimia anti rayap ke tanah pondasi rumah sebelum rumah dibangun. Jika lantai dari kayu, semprotkan anti rayap ke seluruh lantai dan permukaan bangunan kayu rumah kita.
  • Anda sebaiknya mengenali tanda-tanda, apakah rumah sudah terserang rayap. Misalnya ada gumpalan kecil seperti lumpur di perabot dari kayu. Atau ada serbuk kayu dan lubang dimana-mana. Nah, kalau sudah melihat beberapa tanda-tanda invansi rayap, Anda dapat membongkar jalan masuk yang dibangun rayap dua kali dalam seminggu. Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada perabotan dari kayu seperti rak buku, almari, dan lainnya. Lakukanlah pengecekan rayap secara rutin setiap bulannya. Tidak hanya lantai dan kusen saja, memeriksa furnitur-furnitur kayu yang ada di dalam dan di luar rumah juga penting. Dengan pengecekan rutin, membantu kita untuk bisa mendeteksi, melindungi dan mencegah rumah terhadap kerusakan total yang disebabkan oleh “si perusak” tersebut.
  • Lapisi perabotan dari kayu dengan pelitur, cara ini akan mempersulit rayap memakan kayu.

Cara Membasmi Rayap

Dikutip dari kompas.com ada sebuah cara yang bisa anda lakukan untuk membasmi rayap menggunakan tisu. Ada cara praktis agar rayap tak lagi doyan memakan bahan dari kayu. Caranya dengan pengumpan sentricon. Alat ini terdiri atas pengumpan agroscience dan detektor rayap (disebut stasion). Kedua alat ini dilengkapi dengan bahan seperti tisu sebagai makanan sekaligus racun pembasmi rayap hingga ke sarangnya. Bahan ini mengandung heksaflumuron semacam enzim hormon. Khasiatnya mampu menekan metabolisme pertumbuhan rayap dan dapat berakibat kematian.



Berapa biaya pemasangan sistem pengumpan sentricon ini? Rp 160.000 per m1 (meter lari). Biaya ini termasuk harga bahan, ongkos pemasangan, dan evaluasi keberhasilan selama dua bulan. Cara pemasangan alat ini mudah. Yang penting, Anda bisa menetapkan jalur rayap atau wilayah yang potensial disinggahinya. Penasaran?

Langkah-langkah:

  1. Buka alat pengumpan Agroscience dengan bantuan obeng. Kemudian ambil nomer barcode untuk memudahkan data pemasangan dan mengontrol keberhasilan perkembangan.
  2. Tarik lembaran bahan tisu. Semprotkan air dari tabung sprayer (penyemprot) secara merata. Tisu akan menjadi lembab.
  3. Balutkan plakban hitam ke sekeliling alat pengumpan. Tempelkan alat itu pada dinding kusen plafon yang menjadi jalur rayap. Biarkan 2-3 minggu. Setelah itu cek kondisi tisu: jika habis, ganti dengan yang baru. Dalam waktu 8 minggu, rayap akan mati seluruhnya.

dikutip dari berbagai sumber

Ini Yang Anda Cari :

  • cara mengusir laron
  • mengusir laron
  • cara mengatasi laron
  • cara mengusir laron dari dalam rumah
  • mengusir rayap
  • cara membasmi laron
  • mengapa banyak laron di rumah
  • cara basmi laron
  • cara mengusir rayap
  • cara membasmi laron di rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *