Home » Tips Seputar Rumah » Cara Mengusir Kutu Kasur

  
        
          

Kutu sering ditemukan pada barang barang furnitur  seperti tempat tidur dan sofa. Kutu lebih suka menggigit binatang peliharaan Anda, tetapi dikenal juga sering menggigit pemilik hewan peliharaan. Jika di  rumah anda teridentifikasi terdapat kutu, maka langkah pertamanya adalah mengobati hewan peliharaan Anda. Setelah itu selesai, Anda dapat fokus untuk menghilangkan kutu dari sofa dan menghilangkan kutu dari kasur atau tempat tidur anda menggunakan beberapa tips dibawah ini.

  1. Lepas semua seprai dari tempat tidur Anda, termasuk selimut, seprai dan sarung bantal. Cuci mereka dalam mesin cuci dengan pengaturan panas tertinggi mungkin. Tempatkan 3-4 tetes minyak esensial lavender pada kain bersih dan menambahkannya ke pengering. Keringkan pada yang panas tinggi. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan selimut di sofa Anda, serta sarung bantal. Air akan bekerja untuk menenggelamkan kutu, sementara panas dari pengering juga akan membunuh kutu dan telurnya. Bila anda tidak memiliki mesin cuci maka sebaiknya anda rendam dulu menggunakan air panas sebelum dicuci untuk membasmi kutu dan telurnya yang masih menempel.

  2. Kemudian anda pindahkan tempat tidur  anda ke area terbuka  atau bawa keluar rumah dari rumah.

  3. Bersihkanlah area di sekitar bekas tempat tidur secara perlahan-lahan sampai benar-benar bersih.

  4. Gunakan pembersih anti bakteri (lysol, dll) dengan cara mengelap permukaan kasur dengan pembersih tersebut, serta jangan lupa juga bersihkan di sudut-sudut dan lipatan kasur.

  5. Gunakan hair dryer, kemudian nyalakan serta anda sapu secara perlahan seluruh area kasur dengan derajat panas setinggi mungkin.  Ini bertujuan untuk menghanguskan atau membasmi kutu busuk dan larvanya. Namun yang perlu diperhatikan, jangan biarkan terlalu lama pada area yang sama untuk mencegah terjadinya kebakaran.



  6. Anda lap rangka tempat tidur anda dengan cairan pembersih (lysol). Saat anda mengelap rangka tempat tidur, jangan lupa lap juga hingga ke sudut-sudut ranjangnya.

  7. Hair dryer juga rangka ranjang anda  sama halnya seperti saat anda  meng-hair dryer kasur anda.

  8. Jangan lupa untuk mengelap setiap meja yang ada di sekitar tempat tidur anda dengan memakai cairan pembersih.

  9. Jika anda tinggal di pedesaan, pakailah bunga pandan atau “pudak” yang diaplikasikan dengan cara pudak diletakkan pada tempat dimana kutu busuk biasa bersarang misalnya dibawah kasur dan bantal. Bunga pudak mempunyai bau yang wangi cukup menyengat dan bau wangi tersebut akan membunuh serangga seperti kutu busuk dan kecoa.

  10. Letakkan kulit durian atau daun mindi (nimba atau neem) kering di bawah tempat  biasanya kutu busuk ini bersarang atau bisa juga dengan memakai buah asam segar yang sudah dikupas kulitnya serta meletakkannya pada tempat kutu busuk  biasa bersarang.

  11. Campuran minyak tanah dan kapur barus juga diyakini manjur untuk membasmi kutu busuk penghisap darah ini.

  12. Gunakan lilin yaitu dengan cara meneteskannya di celah-celah tempat hewan penghisap darah ini berada, jumlah tetesan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tetesan lilin ini bertujuan untuk mematikan telur-telur dan anak-anaknya.

  13. Gunakan air panas untuk menyiram tempat persembunyiannya, sebab kutu busuk atau bangsat sangat rentan terhadap kelembaban yang tinggi dan juga suhu 44-45 derajat celcius.

  14. Gunakan insektisida, khususnya obat untuk membasmi rayap. Obat ini sangat efektif untuk membunuh rayap termasuk kutu busuk, hanya saja harus hati-hati karena sifat racunnya (toxisitas) sangat keras. Anda dapat memakai produksi “Buyer” yang diaplikasikan dengan cara fumigasi.  Ikuti aturan yang tertera pada label. Biasanya insektisida hanya membunuh kutu busuk stadium nimfa dan dewasa, sedangkan telurnya cukup tahan. Oleh karena itu, lakukan penyemprotan sampai telur menetas.

  15. Janganlah memindahkan barang apapun dari kamar tanpa dilakukan sterilisasi terlebih dahulu,bila hal tersebut tidak anda lakukan maka penyebaran kutu busuk ke tempat lain/kamar akan amat gampang terjadi.

  16. Kutu busuk atau bangsat bisa ditemukan di semua ruangan tempat tinggal, maka sebaiknya anda periksa lokasi-lokasi yang berkemungkinan menjadi tempat bersarangnya binatang penghisap darah ini.

  17. Sebagai langkah pencegahan agar kutu busuk tidak kembali ke tempat tidur anda, maka secara rutin anda sebaiknya mencuci seprai dan selimut sekali seminggu menggunakan air panas.

Semoga Berhasil ….

dikutip dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>