Home » Tips Seputar Rumah » Cara Mengusir Kelelawar dari Rumah

  
        
          

Pernahkah anda menonton film vampir atau batman yang identik dengan seekor hewan pengerat yaitu kelelawar ? Namun cerita mengenai vampir atau batman tersebut hanya ada dalam film saja, yang merupakan hasil imajinasi dari seorang sutradara film dan tidak ada di dunia nyata ini. Berbicara mengenai kelelawar ini, mungkin anda  tahu bahwa kelelawar ini beraktifitas pada malam hari dan beristirahat di siang hari. Kelelawar juga mengilhami sejumlah ilmuwan untuk membuat sebuah tongkat yang bisa membantu tuna netra untuk mengenali keadaan di sekitarnya, yang disebut dengan batcane (tongkat kelelawar) dan terakhir diberi nama dagang ultracane.

cara mengusir kelelawar

Kita kembali lagi pada kelelawar, terkadang ada orang yang merasa terganggu dengan kehadiran kelelawar karena kelelawar itu datang tanpa diundang malahan bersarang di dalam loteng atau atap rumah. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka jumlah mereka akan bertambah banyak dan akan tinggal menetap di dalam atap rumah anda dan akan meninggalkan bau kurang sedap seperti bau amonia yang diakibatkan oleh kencing dan kotoran mereka.

Cara Mengusir Kelelawar

Mungkin anda sudah berusaha untuk mengusir kelelawar dari rumah anda, namun kelelawar tersebut tidak mau juga pergi , masih datang kembali ke rumah anda,  maka coba beberapa cara dan tips dibawah ini siapa tahu berhasil mengusir dan menjauhkan kelelawar dari rumah anda.



  • Membuat rumah kelelawar dan menempatkannya disekitar pohon di rumah anda, dengan harapan mereka mempunyai sebuah tempat yang baik untuk tinggal setelah diusir dari rumah anda. Jika dilihat rumah kelelawar mirip dengan rumah burung, namun lebih panjang dan kelelawar masuknya melalui dari bawah, jika anda membuat rumah kelelawar maka jangan menggunakan pernis, karena kelelawar kurang menyukai bau pernis. Mungkin anda penasaran seperti apa rumah kelelawar maka anda bisa melihat gambarnya dibawah ini. (Rumah kelelawar ini ada di jual di luar negeri, kayaknya di Indonesia masih belum ada yang jual )Rumah Kelelawar
  • Kelelawar kurang menyukai cahaya terang dan suka tinggal di loteng pada siang hari, karena hangat dan gelap, maka anda bisa memasang lampu yang terang di loteng tersebut dan menyalakannya pada siang hari, karena itu akan mengganggu rutinitas tidur kelelawar dan pada akhirnya mereka akan mencari tempat lain untuk bersembunyi.
  • Anda perlu tahu jalan keluar masuknya kelelawar yang datang ke loteng anda, dengan cara mengintainya pada senja hari,  karena kelelawar akan keluar untuk makan, jika anda sudah tahu jalan aksesnya maka anda bisa membawa senter yang mempunyai cahaya yang kuat untuk dibawa ke loteng dan menyinari bagian atapnya untuk mengusir kelelawar yang masih tertinggal diatap, kemudian anda bisa menutup jalan akses kelelawar untuk keluar masuk dalam atap anda, bisa menggunakan jaring atau lainnya, yang penting jalan aksesnya sudah tertutup.

Semoga penjelasan diatas tentang tips dan cara mengusir kelelawar bisa membantu anda menjauhkan rumah anda dari hewan pengerat ini …. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>