Home » Tips Seputar Rumah » Cara Mengusir Kecoa dari Rumah

Cara Mengusir Kecoa dari Rumah

Salah satu hewan yang tidak disukai kedatangannya di rumah selain Tikus adalah KECOA. Hewan ini sering ditemui di kamar mandi maupun di dapur yang merupakan tempat yang paling disenangi oleh kecoak. Tempat favorit hewan pengganggu ini adalah di area yang lembab, seperti dibagian bawah wastafel atau kabinet dapur. Oleh sebab itu sangat penting untuk mempunyai sirkulasi udara yang baik dan pembuangan air yang lancar.

Cara Mencegah Munculnya Kecoa di Rumah

Sebelum kecoa itu berseliweran di rumah, maka sebaiknnya sejak awal anda mencegah munculnya kecoa ini di rumah anda. Simak tips berikut ini untuk mencegah munculnya kecoa, yaitu

  1. Selalu menempatkan makanan dan tempat dalam kondisi tertutup rapat. Kecoa akan kesulitan untuk menemukan dan mendapatkan sumber makanan yang bisa membuat mereka betah.
  2. Tingkatkan intensitas menyapu dan menyedot debu karena ini akan membantu membersihkan remah-remah makanan yang disenangi kecoa, selain itu anda harus menyegerakan membersihkan remah-remah dan sisa makanan dari lantai, meja makan, dan kabinet dapur

Cara Mengusir Kecoa dari Rumah

Jika anda sudah melakukan pencegahan sejak awal tetapi kecoa masih muncul juga, maka simak beberapa alternatif cara ampuh berikut ini untuk mengusir kecoa, yaitu

  1. Agar kecoa tidak betah berlama-lama di rumah , maka anda harus memastikan daerah yang lembab selalu bersih. Pakailah cairan pembersih yang mempunyai aroma yang kuat untuk membersihkan lantai dapur dan kamar mandi. Kecoa kurang senang dengan adanya aroma dari cairan pembersih ini.
  2. Jika anda mempunyai daun salam, maka iris daun salam yang masih segar tipis-tipis, setelah itu letakkan di tempat-tempat yang seringkali dilalui oleh kecoa.
  1. Jika anda mempunyai mentimun atau lemon maka, potong-potonglah mentimun atau lemon tersebut, setelah itu letakkan di tempat-tempat yang seringkali dilalui oleh kecoa.
  2. Coba anda gunakan tangkai daun lada kering, yaitu caranya dengan mengiris tipis lalu letakkan di tempat yang seringkali dilalui oleh kecoa.
  3. Jika anda memiliki sabun batangan, maka potong sabun batangan kecil-kecil, lalu masukkan potongan tersebut ke dalam mangkuk berisi air, setelah itu letakkan mangkuk tersebut di tempat-tempat lembab yang biasa dilalui oleh kecoa.
  4. Kecoak tidak suka bau wangi atau segar, maka kita coba manfaatkan ketidaksukaan kecoa dengan meletakkan kapur barus di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh kecoa. Kapur barus tersebut bisa diletakkan dalam keadaan utuh ataupun digerus terlebih dahulu.

Cara Membasmi Kecoa dari Rumah

Jika masih ada kecoa di rumah anda setelah anda melakukan pencegahan dan cara-cara diatas untuk mengusir kecoa maka tidak ada salahnya anda membasmi kecoa dari rumah anda dengan membunuhnya secara langsung atau menggunakan racun insektisida dengan menyemprotkannya secara langsung ke kecoa.

Atau jika anda tidak mau melakukan hal tersebut ada juga dipasaran yang menjual racun kecoa dalam bentuk gel dimana cara kerjanya adalah dengan cara merusak sistem methabolisme dan pencernaan serta menghambat perkembangan kecoa. Kecoa yang memakan gel akan mengalami kerusakan sistem mathabolisme sehingga tidak mampu mencerna zat makanan dalam tubuhnya, mengakibatkan kecoa selalu membuang kotoran terus menerus dan pada akhirnya mati lemas. Sebelum mati biasanya induk kecoa selalu membawa makanan ( gel ) dan ditempatkan disekitar telur kecoa sebagai persediaan makanan disaat telur kecoa menetas, dan pada akhirnya anak kecoa yang baru menetas akan mati karena memakan gel yang ada disekitarnya, dan dengan memanfaatkan sifat kanibalisme pada kecoa, gel ini juga dapat memberikan Efek Domino yakni kematian beruntun, kecoa yang mati bagian tubuhnya akan dimakan oleh kecoa yang lain sehingga menyebabkan kematian karena terkontaminasi racun yang terkandung dalam bangkai kecoa yang dimakan, dan begitu seterusnya.

dikutip dari berbagai sumber

Ini Yang Anda Cari :

  • Agar kecoa tidak betah d rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *