Home » Tips Seputar Rumah » Cara Mengusir Kalajengking dari Rumah

Cara Mengusir Kalajengking dari Rumah

cara mengusir kalajengkingCara Usir Kalajengking dari Rumah – Tentunya anda tahu salah satu hewan penyengat yang mungkin saja bisa berkeliaran di dalam rumah anda yaitu Kalajengking. Binatang ini dengan penyengat yang berada di bagian ekornya merupakan salah satu hewan berbahaya bagi anggota keluarga yang tinggal di rumah terutama anak-anak yang masih kecil yang belum mengerti tentang hewan-hewan berbahaya ini. Tentunya anda tidak menginginkan kalajengking ini merangkak berkeliaran di dalam rumah anda bukan ? Lalu bagaimana cara mencegah kalajengking masuk ke dalam rumah atau kalau perlu membasmi hewan penyengat ini.

Sebelum menjelaskan tips seputar mencegah kalajengking masuk kedalam rumah, mungkin saya menceritakan pengalaman saya dulu berkaitan dengan kalajengking ini. Saya masih ingat dulu saat masih berusia anak sekolah dasar, sama teman-teman biasa mencari kalajengking di sekitar area pekuburan umum untuk menangkapnya dengan tujuan dijadikan hewan peliharaan layaknya kucing. Dulu untuk menangkap kalajengking menggunakan lidi yang pada ujungnya diikat hingga berbentuk huruf O lalu dimasukkan kedalam lubang tanah yang diduga menjadi tempat persembunyian kalajengking dengan menusuk-nusukkannya dalam lubang tersebut. Bila terasa ada yang menarik dari dalam yang kemungkinan ujung lidi tersebut sudah dicapit oleh kalajengking maka kita tarik perlahan-lahan keluar dari lubang tanah. Bila kalajengking sudah berada diluar maka kita tangkap menggunakan sandal jepit. Cara Menangkap Kalajengking saat itu yaitu tangan memegang ujung sandal jepit, lalu tahan kalajengking, dengan menekan dari atas tubuh kalajengking dan sebagian ekornya, sehingga kalajengking itu tidak bisa bergerak lagi. Bila sudah tidak bisa bergerak maka kita potong penyengatnya yang berbentuk seperti kail pancing menggunakan gunting atau pisau, lalu setelah terpotong baru kita angkat kalajengking ini dengan memegang ekornya lalu dimasukkan pada wadah yang telah disediakan. Kenapa harus dipotong penyengatnya karena dibagian inilah yang berbahaya, karena bila sudah terpotong sengatnya, seandainya kita pegang binatang ini paling banter terkena capitnya kalajengking yang jepitannya tidak sekuat jepitan kepiting laut.

Cara Mencegah Kalajengking Masuk Ke Rumah

Kalajengking sebagai tamu tak diundang yang masuk ke dalam rumah, mungkin bisa ditemukan di sekitar sumber air seperti wastafel, bak mandi di kamar mandi, dan di sekitar area basah seperti binatu dan dapur. Coba beberapa tips berikut ini untuk mencegah kalajengking masuk dalam rumah yaitu

  • Jauhkan rumah anda dari serangga yang menjadi santapan makanan kalajengking seperti, kecoa, jangkerik dan semut, oleh karenanya rumah anda harus terjaga kebersihannya karena bila banyak serangga ini di dalam rumah anda tentunya akan mengundang kalajengking datang ke dalam rumah.
  • Periksa apakah ada lubang atau retakan di dinding rumah yang bisa menjadi jalan masuk hewan penyengat ini masuk ke dalam rumah, bila memang ada maka sebaiknya anda dempul lubang atau retakan pada dinding ini, termasuk perlu juga dicek apakah ada celah yang bisa memungkinkan kalajengking masuk kedalam rumah pada daerah di sekitar pipa, saluran air dan ventilasi.
  • Bersihkan sekitar halaman anda dari tumpukan kayu bakar, batu, tanah dan tumpukan kompos yang bisa menjadi tempat persembunyian kalajengking. Selalu pangkas rumput dan semak-semak di sekitar rumah anda, serta jauhkan cabang pohon dekat dengan dindig garasi, rumah dan gudang.
  • Ada lagi cara lainnya yang patut dicoba yaitu dengan menanam tanaman lavender di sekeliling rumah anda atau menanam citrus dalam pot yang dekat dengan area jalan masuk ke dalam rumah dan menggunakan pembersih minyak citrus untuk membersihkan kamar mandi dan area dalam rumah yang basah.
  • Coba gunakan bubuk kayu manis dengan menyebarkan bubuk tersebut di sekitar rumah yaitu dengan menaburkannya pada tempat yang gelap di dalam rumah, sepanjang dasar tembok dinding rumah serta ambang jendela untuk mencegah hewan penyengat ini melewatinya karena bubuk kayu manis merupakan bahan alami pengusir kalajengking.

Cara Membasmi Kalajengking

Selain mencegah datangnya Kalajengking ke rumah maka cara lain yang mungkin bisa menjadi pertimbangan adalah membasminya untuk mengurangi populasi berkembang biaknya kalajengking di sekitar rumah, yaitu

  • Untuk membasmi kalajengking yang mungkin bersembunyi di saluran pembuangan di rumah, maka tak ada salahnya secara berkala menggunakan larutan cairan HCL yang bisa anda beli di toko bangunan dengan menuangkannya dalam saluran pembuangan untuk membunuh kalajengking ini, termasuk serangga atau hewan liar lainnya yang bersembunyi di saluran pembuangan tersebut. Cara ini selain bisa membasmi kalajengking termasuk juga salah satu mencegah datangnya kalajengking masuk ke dalam rumah melalui saluran pembuangan air.
  • Anda bisa memelihara hewan predator untuk membasmi kalajengking seperti kucing atau ayam yang kemungkinan bisa memangsa hewan penyengat ini.
  • Bila anda bertemu secara tidak langsung di dalam rumah, maka bila anda ingin membasminya maka jangan gunakan kaki telanjang untuk menginjaknya karena bisa-bisa kaki anda tersengat oleh kalajengking ini, tetapi gunakan sepatu boot untuk menginjaknya atau bila anda hanya ingin membuangnya saja maka gunakan wadah plastik untuk menutupnya dari atas, kemudian geser sepotong karton di bawah wadah plastik untuk menutupinya, kemudian anda angkat dan buang menjauh dari rumah anda.

Semoga tips diatas cara mengusir dan membasmi kalajengking di rumah bermanfaat bagi anda … Amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *