Home » Tips Seputar Rumah » Cara Mengusir dan Mengatasi Nyamuk di Rumah

Cara Mengusir dan Mengatasi Nyamuk di Rumah

Nyamuk merupakan salah satu serangga yang sangat mengganggu, terutama pada malam hari karena bisa membuat kita tidak nyaman tidur bukan? Selain itu pula ada beberapa jenis nyamuk yang cukup berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit malaria, demam berdarah dan chikungunya. Anda jangan meremehkan nyamuk yang mempunyai badan yang kecil, namun gigitan nyamuk bisa menyebabkan kematian jika kita tidak cepat mengantisipasi penyakit yang ditimbulkan olehnya. Untuk mengusir nyamuk dari rumah atau mencegah kita digigit oleh nyamuk maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, namun tidak ada salahnya anda mengantisipasi berkembang biaknya nyamuk di sekitar lingkungan anda.

Cara Mencegah Nyamuk Berkembang Biak

Sebelum anda melakukan berbagai cara untuk mengusir nyamuk maka sebaiknya sejak awal anda melakukan pencegahan nyamuk berkembang biak di sekitar lingkungan anda, yaitu

  1. Jika anda mempunyai tanaman maka sebaiknya anda mewaspadainya,  jangan sampai tanaman tersebut menjadi sarang nyamuk  karena ada beberapa jenis tanaman yang bila tidak diawasi bisa menangkap air, membuat genangan, sehingga menjadikannya sarang penyakit. Ini pernah terjadi didalam beberapa rumah yang di dalamnya bersih, ternyata terkadang ditemukan jentik nyamuk di genangan air yang terselip di antara bagian tumbuhan.

  2. Anda tetap perlu menggalakkan kegiatan 3 M yaitu menutup, menguras dan menimbun.

    • Menutup Gerakan menutup mempunyai makna menutup rapat tempat penampungan air, dengan menutup tempat air berarti membatasi nyamuk bertelur karena nyamuk, termasuk nyamuk Aedes aegypti selalu meletakkan telurnya di tempat air bersih menggenang.

    • Menguras Menguras berarti secara rutin mengganti tempat-tempat air, misalnya vas bunga atau tempat minum burung. Menguras dan mengganti dengan air yang baru juga membatasi berkembangnya nyamuk penyebab demam berdarah

    • Menimbun Salah satu sumber penyebaran nyamuk Aedes aegypti sebagai penyebab penyakit demam berdarah adalah kaleng-kaleng atau wadah kosong yang berisi air, maka  dengan menimbun mengubur kaleng atau wadah kosong tersebut ke dalam tanah  maka nyamuk tidak dapat menemukan tempat untuk bertelur.

  3. Sebaiknya anda memelihara ikan pemakan jentik nyamuk di kolam dan memberikan bubuk abate pada tempat penampungan air seperti vas dan tempat air.

Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah

Untuk mengusir nyamuk  dan menghindari anda digigit oleh nyamuk maka ada beberapa cara alternatif yang bisa anda lakukan. Mungkin anda bisa simak tips dibawah ini beberapa alternatif yang bisa anda lakukan

Menggunakan beberapa zat alami yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk-nyamuk yang menjengkelkan

  • Citronella. Ini adalah salah satu yang paling terkenal mampu mengusir nyamuk. Untuk dioleskan, pilih minyak esensial citronella murni, jangan minyak pewangi ruangan (fragrance oil). Minyak pewangi yang digunakan untuk membakar tidak cukup untuk dioleskan dan menghalau nyamuk.
  • Minyak kedelai. The New England Journal of Medicine melaporkan, bahwa minyak kedelai juga sama efektifnya dengan obat nyamuk DEET. Harga minyak kedelai pun lumayan terjangkau, plus baik sebagai pelembap kulit. Riset lain mengatakan, bahwa kandungan dalam kedelai bisa memperlambat pertumbuhan rambut pada tubuh ketika dioleskan.
  • Catnip. Sejenis tumbuhan harum bernama catnip ditengarai memiliki efektivitas 10 kali lebih baik dibanding DEET dalam menghalau nyamuk.
  • Minyak biji neem, yang diekstrak dari tanaman yang tumbuh di India dikabarkan lebih efektif ketimbang DEET. Riset ini dikeluarkan oleh Institut Malaria di India.
  • Lavender. Minyak lavender juga memiliki wangi yang harum dan memiliki efek menenangkan, baik untuk mengusir nyamuk. Carilah minyak esensial lavender untuk dibalurkan pada tubuh. Atau, sabun beraroma lavender.
  • Bawang putih. Nyamuk tak tahan bau bawang putih. Jika Anda benar-benar terganggu dengan nyamuk, coba makan banyak bawang putih, aromanya akan keluar lewat kulit Anda. Tentu jika Anda tak masalah dengan memiliki bau badan ini.
  • Kulit Nanas. Jika anda sering makan nanas atau membuat rujak dan kebetulan memakan buah nanas sebaiknya jangan dibuang kulit nanasnya. Masukkan kulit nanas itu kedalam ember kecil yang sudah diisi air. Kemudian letakkkan ember berisi air  dan kulit nanas itu ditempat yang biasanya dipakai nyamuk untuk berkeliaran, misalnya di pojok kamar atau sudut rumah . Insyaallah nyamuk-nyamuk pun akan takut datang.
  • Kulit jeruk dan batang serai. Ambil daun dan kulit jeruk, bisa juga ditambahkan batang serai, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian, tebarkan di sekitar sarang nyamuk, seperti di bibir got, parit , atau kolong tempat tidur di rumah anda. Nyamuk pun akan segera menyingkir.
  • Kulit durian.  Letakkan kulit durian di kamar, gudang yang banyak nyamuknya, atau di dekat tempat sampah, dipinggir got, dan kolong meja, maka nyamuk pun akan segera menjauh.
  • Daun Pepaya. Anda bisa membuat obat nyamuk menggunakan daun papaya, yaitu caranya ambil daun pepaya secukupnya dan rebus sampai betul-betul mendidih. Setelah itu rebusan daun pepaya ditaruh di tempat-tempat yang diinginkan, maka nyamuk akan segera pergi menjauh dan tak berani mendekat karena mereka tidak betah dengan bau daun pepaya.

Cara Lain Menghindari Gigitan Nyamuk

  • Selain menggunakan zat alami untuk menghindari gigitan nyamuk maka anda bisa memasang kasa nyamuk di rumah agar nyamuk tidak leluasa berkeliaran di dalam rumah.
  • Anda bisa juga menggunakan kelambu saat anda mau tidur untuk menghindari dari gigitan nyamuk.
  • Menggunakan obat oles berupa lotion  untuk mencegah gigitan nyamuk.

 Membuat Obat Nyamuk Bakar Untuk Mengusir Nyamuk

Anda bisa menggunakan obat nyamuk bakar untuk mengusir nyamuk, namun anda bisa membuat obat nyamuk bakar menggunakan kulit jeruk apa saja, yaitu caranya kupaslah jeruk dengan memotongnya secara melingkar. Jemur sampai kering, lalu bakarlah ujung kulit jeruk. Cara ini bisa mengusir nyamuk seperti obat -obat nyamuk bakar lain buatan pabrik.

Cara Membasmi Nyamuk Di Rumah

Anda bisa menggunakan obat nyamuk semprot untuk membasmi nyamuk, namun jika anda belum punya maka anda bisa membuat obat semprot nyamuk darurat, yaitu

  • Cara pertama ambillah satu liter minyak tanah, satu botol minyak angin, sepuluh butir kamper (kapur barus) dan satu kaleng kosong. Campurkan ketiga bahan tersebut kedalam kaleng kosong, aduk-aduk sampai merata, lalu semprotkan dengan alat penyemprot nyamuk ke tempat-tempat yang banyak nyamuknya. Nyamuk-nyamuk di rumah anda pun akan segera pergi atau mati.
  • Cara kedua, yaitu sebelumnya, siapkan bahan-bahannya yakni 12 butir kapur barus dan 50 ml minyak tanah. Tumbuklah kapur barus sampai halus, lalu campurkan minyak tanah dan aduk-aduklah hingga merata. Setelah itu, masukkan cairan itu kedalam semprotan obat nyamuk, kemudian semprotkan keruangan yang dihinggapi banyak nyamuk. Nyamuk-nyamuk pun akan mati dengan sendirinya. Selain itu ruangan di rumah anda akan menjadi harum

Selain menggunakan obat nyamuk semprot maka tidak ada salahnya anda melakukan fogging  atau pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa yang ada di rumah anda, terutama apalagi terjadi kasus demam berdarah di sekitar rumah anda.

Enam Tanaman Ampuh Pengusir Nyamuk

Jika anda ingin menggunakan upaya alami untuk mengusir nyamuk maka tak ada salahnya anda menanam tanaman yang dibenci oleh nyamuk. Dari tanaman ini ada yang cukup ditanam saja atau dimanfaatkan dengan mengambil bunganya. Berikut tanaman-tanaman ampuh pengusir nyamuk:

1. Geranium

Tanaman ini mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Kedua zat yang dimiliki Geranium dapat dengan mudah terbang memenuhi udara. Tanam saja Geranium ke dalam pot atau langsung di tanah. Tempatkan di tempat yang mudah terkena tiupan angin, saat daun-daun Geranium bergesakan, aroma zat yang ada di tanaman ini akan tercium, membuat nyamuk menjauh dari ruangan.

2. Zodia

Tanaman ini asli dari Indonesia berasal dari Papua, dimana orang-orang Papua akan menggosok-gosokkan daun ini sebelum masuk hutan agar terlindung dari serangga terutama nyamuk. Zodia memiliki dua zat yang dapat membuat nyamuk kabur, yaitu Evodiamine dan Rutaecarpine. Untuk merasakan manfaatnya, Zodia visa ditanam di ruang yang banyak tertiup angin agar aromanya tercium dan mengusir nyamuk.

3. Serai wangi

Serai akrab dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, tapi ia memiliki zat Geraniol dan Sitronelal yang tidak disukai nyamuk. Menanam serai cukup mudah, tinggal tempatkan di pekarangan rumah saja.

4. Akar Wangi

Tanaman ini dapat mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk Aedes Aegypti. Tanam akar wangi de pekarangan rumah untuk merasakan manfaatnya.

5. Lavender

Tanaman ini aslinya dari Swiss, dan telah dimanfaatkan sebagai bahan pembuat lotion anti nyamuk. Bunga Lavender yang berwarna ungu memiliki zat Linalool dan Lynalyl acetate yang tidak disukai nyamuk. Tanam Lavender dalam pot atau tanah, untuk merasakan manfaatnya ambil bunganya dan gosok-gosokkan ke kulit.

6. Rosemary

Bunga Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak kayu putih. Aroma yang tidak disukai oleh nyamuk karena mengacaukan penciumannya. Tanaman ini dapat ditanam ke dalam pot atau tanah. Di dekat jendela. Untuk pemanfaatannya, ambil daunnya yang berbentuk jarum dan digosokkan ke kulit.

dikutip dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>