Home » Komputer » Cara Merawat Laptop

Cara Merawat Laptop

cara merawat laptopSeiring semakin pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan laptop baik notebook maupun netbook sudah menjadi sebuah kebutuhan, terutama mereka yang profesinya tidak lepas dari pekerjaan yang harus bersentuhan dengan teknologi komputer. Jumlah pengguna laptop ini saat ini jauh lebih banyak dibandingkan saat saya masih kuliah dulu yaitu di era menjelang abad 20. Saat itu mahasiswa yang menggunakan laptop bisa dihitung jari, namun saat ini hampir sebagian besar mahasiswa memiliki dan menggunakan teknologi ini. Namun tahukah sobat, cara merawat atau menggunakan laptopnya agar tidak cepat rusak ? Kesalahan penggunaan laptop bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal, yang tentunya terkadang bila memperbaikinya membutuhkan biaya yang cukup besar. Bila hal ini terjadi maka akan menguras kocek kantong sobat bukan ?

Secara garis besar kerusakan yang bisa menimpa laptop ada 2 hal, yaitu

1. Kerusakan dari sisi softwarenya

2. Kerusakan dari sisi hardwarenya

Pertama, kita kupas dulu kerusakan laptop dari sisi softwarenya. Apa sih penyebab yang paling sering menyebabkan hal tersebut ? Paling banyak yang menyebabkan hal ini karena virus yang menyerang program aplikasi komputer sobat. Tentunya mencegah serangan virus komputer lebih mudah dibandingkan memperbaiki program aplikasi yang rusak diakibatkan oleh serangan virus tersebut.

Beberapa langkah yang bisa sobat lakukan untuk mencegah serangan virus pada laptop sobat yaitu

  • Sebaiknya laptop atau komputer sobat sudah dipasangi atau sudah terinstall antivirus, sehingga bila ada virus yang ingin menyerang bisa di tangkal sejak awal sebelum merusak program aplikasi sobat. Lebih baik lagi bila antivirus yang sobat gunakan adalah program antivirus yang berbayar, karena tentunya yang berbayar secara berkala menyediakan update definisi virus secara berkala, yang kita bisa update secara online, tentunya ini meminimalisir kemungkinan laptop sobat kebobolan oleh virus-virus terbaru, yang terkadang tidak terdeteksi oleh antivirus yang disediakan secara gratis (free). Namun menggunakan antivirus yang berbayar seperti ini tentunya akan cukup merogoh kocek sobat, tetapi itu setimpal dengan manfaat yang kita peroleh. Bila tidak ada, ya minimal ada antivirus walaupun yang disediakan gratis, daripada tidak ada sama sekali, sama saja orang pergi berperang tetapi tidak mempunyai senjata dan tameng untuk menahan serangan lawan.
  • Perlu berhati-hati dan selektif bila menghubungkan media penyimpanan dari luar yang keamanannya belum kita ketahui, seperti mencolokkan flashdisk yang sering dipakai di warnet lalu di colokkan ke laptop sobat, karena terkadang bila file di dalam flashdisk tersebut sudah terinfeksi oleh virus, maka virus ini bisa menjangkiti file-file pada laptop sobat, bila perlu lakukan scan dulu menggunakan antivirus yang ada untuk mendeteksi ada tidaknya virus pada flashdisk tersebut. Namun hal ini terkadang tidak memberikan jaminan 100 persen, karena bila virus yang ada pada flashdisk merupakan virus – virus baru, maka kemungkinan laptop sobat untuk terinfeksi virus akan berpeluang semakin besar.
  • Bila sobat berselancar di dunia maya menggunakan laptop, maka sebaiknya digunakan secara bijak, hendaknya tidak berselancar di situs-situs luar negeri yang menawarkan konten dewasa, karena ini sangat beresiko, beberapa situs dewasa ini terkadang sengaja dibuat oleh hacker untuk memancing kedatangan para peselancar dunia maya untuk menginjeksi komputer korban dengan virus yang dibuatnya.
  • Saat anda menggunakan mesin pencari seperti google, terkadang dari sekian hasil pencarian yang muncul, google memberikan peringatan untuk tidak mengunjungi situs tertentu dengan memberikan warning , maka sebaiknya sobatnya jangan mengkliknya untuk mengunjungi situs tersebut.
  • Bila virus yang menyerang aplikasi program komputer sobat sudah tidak bisa diatasi lagi maka jalan terakhir adalah memformat ulang harddisknya, kemudian menginstall kembali operating systemnya dan aplikasi programnya.

Kedua, kita kupas kerusakan laptop dari sisi hardwarenya. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada laptop adalah bad sector yaitu kerusakan yang terjadi pada harddisk. Mungkin sobat bertanya, apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencegah terjadinya bad sector pada harddisk.

Beberapa langkah yang bisa sobat lakukan untuk mencegah terjadinya bad sector pada laptop sobat yaitu

  • Jangan membiasakan menggunakan laptop sampai mati dengan sendirinya, karena kehabisan daya batterynya. Sebaiknya bila indikator battery menunjukkan akan habis maka secepatnya anda charge kembali laptop anda.
  • Jangan membiasakan mematikan laptop dengan langsung menekan tombol power, sebaiknya anda melakukan proses shut down seperti biasanya melalui aplikasi komputernya.
  • Jangan membiasakan menggunakan laptop dengan hanya mengandalkan adaptor charge dengan mencabut battery-nya sehingga bisa aliran listrik padam, maka laptop akan mati langsung karena tidak ada daya listrik yang menjadi sumber powernya.

Selain beberapa tindakan yang bisa sobat lakukan untuk mencegah laptopnya terserang oleh virus dan mencegah terjadinya bad sector, maka ada beberapa hal lainnya yang perlu sobat lakukan agar laptop sobat lebih awet lagi, yaitu

  • Saat laptop anda tidak digunakan lagi, sebaiknya di shut down, ini bertujuan untuk mencegah laptop menjadi terlalu panas (overheating).
  • Sesuaikan pengaturan dayanya, bila anda tidak mengunakan laptop untuk waktu yang tidak terlalu lama maka sebaiknya anda masuk dalam mode sleep atau hibernate daripada dibiarkan hidup seperti biasanya.
  • Bila sobat memasukkan laptop ke dalam tas, maka sebaiknya pastikan laptop sobat sudah di shut down.
  • Bersihkanlah secara rutin ventilasi udara di laptop sobat dengan menggunakan lap yang bersih untuk menjaga ventilasi udara bersih dan bebas dari sampah.
  • Periksalah kipas (fan) pada laptop secara rutin, karena masalah overheating bisa disebabkan karena oleh kipas laptop yang tidak bekerja dengan benar. Bila kipas laptop sudah tidak berfungsi maka sebaiknya segera anda ganti kipasnya.

Semoga dengan beberapa tips merawat laptop diatas bisa bermanfaat bagi anda yang saat ini memiliki laptop … Amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *