Home » Komputer » Cara Mengatasi Masalah Komputer (Troubleshooter) dari Suara BIP

Cara Mengatasi Masalah Komputer (Troubleshooter) dari Suara BIP

Kode BIP untuk troubleshooter komputerBila ada masalah dengan komputer anda, terkadang kita bisa mengetahui letak permasalahannya dengan mendengarkan suara bip dengan pola tertentu yang terdengar saat menghidupkan komputer. Jika memang ini yang akan sobat lakukan maka tahapan yang perlu dilakukan adalah

  1. Hidupkan komputernya atau restart kembali jika komputernya sudah menyala.
  2. Dengarkan secara seksama kode bip yang terdengar saat komputer mulai booting. Restart kembali komputer anda bila mau mendengar bunyinya lagi. Namun sobat tidak mungkin melakukan restart komputer beberapa kali untuk menghindari masalah komputer lainnya.
  3. Catatlah suara bib yang terdengar. Yang perlu diperhatikan adalah jumlah bip yang terjadi, serta panjang pendek bunyinya misalnya biiip (suara bip panjang) atau bip (suara bip pendek). Perbedaan bunyi bip yang terdengar, maka masalah komputer yang dihadapi juga berbeda.
  4. Untuk memecahkan kode bip tertentu tersebut, maka tergantung pada produsen BIOS-nya. Untuk detail mengenai kode bip berdasarkan jenis BIOSnya (AMIBIOS, AwardBIOS, PhoenixBIOS) maka silahkan anda baca dibawah ini.

Kode Bunyi BIP Untuk AMIBIOS

AMIBIOS adalah jenis BIOS yang diproduksi oleh American Megatrends (AMI). Banyak produsen motherboard yang terkenal telah mengintegrasikan AMIBIOS ke dalam sistemnya. Produsen motherboard lain telah menciptakan software BIOS yang di custom berdasarkan sistem AMIBIOS. Kode bip dari BIOS yang didasarkan pada AMIBIOS mungkin persis sama dengan kode bip AMIBIOS atau mungkin sedikit berbeda. Untuk bunyi bip pada AMIBIOS adalah suara bip pendek, bip secara berurutan, dan biasanya terdengar setelah PC dinyalakan.

  • 1 bip artinya sebuah bunyi bip pendek yang berarti telah terjadi kesalahan timer merefresh memori. Solusinya adalah pasang ulang RAMnya dengan membersihkan bagian kaki-kakinya terlebih dahulu atau ganti RAMnya.
  • 2 bip artinya dua kali bunyi bip pendek berurutan yang berarti telah terjadi kesalahan paritas dalam memori dasar. Ini adalah masalah dengan blok 64KB pertama dalam memori pada RAM Anda. Solusinya biasanya adalah pasang ulang RAMnya dengan membersihkan bagian kaki-kakinya terlebih dahulu atau ganti RAMnya.
  • 3 bip artinya tiga kali bunyi bip pendek berurutan yang berarti telah terjadi kesalahan dalam tes baca/tulis memori. Solusinya adalah pasang ulang RAMnya dengan membersihkan bagian kaki-kakinya terlebih dahulu atau ganti RAMnya.
  • 4 bip artinya empat kali bunyi bip pendek berurutan yang berarti bahwa timer motherboard tidak bekerja dengan benar. Gagal mengenali perangkat keras (hardware failure) yang dipasang pada kartu ekspansinya atau motherboardnya sendiri yang bermasalah. Solusinya adalah coba ganti battery motherboardnya atau cabut kembali perangkat keras yang baru dipasang atau sampai mengganti motherboardnya bila perlu, yang mana semuanya itu tergantung dari jenis kerusakannya.
  • 5 bip artinya lima kali bunyi bip pendek berurutan yang berarti telah terjadi kesalahan prosesor. Sebuah kartu ekspansi yang rusak, CPU atau motherboardnya yang bermasalah bisa menyebabkan bunyi bip ini.
  • 6 bip artinya enam kali bunyi bip pendek berurutan yang berarti bahwa telah terjadi kesalahan tes A20 gate 8042. Kode bip ini biasanya disebabkan oleh kartu ekspansi yang telah gagal atau motherboard yang tidak bekerja lagi.
  • 7 bip artinya tujuh kali bunyi bip pendek berurutan disebabkan oleh masalah kartu ekspansi, masalah hardware motherboard, atau CPU rusak. Mengganti hardware yang rusak biasanya bisa menyelesaikan masalah ini.
  • 8 bip artinya delapan kali bunyi bip pendek berurutan yang berarti bahwa telah terjadi kesalahan dengan memori display. Kode bip ini biasanya disebabkan oleh kesalahan kartu video (video card) . Solusinya coba anda periksa kembali pemasangan video cardnya apakah terpasang dengan baik dan benar, bila hal ini juga belum berhasil maka sudah saatnya anda mengganti video cardnya.
  • 9 bip artinya sembilan kali bunyi bip pendek berurutan yang berarti bahwa telah terjadi kesalahan checksum ROM AMIBIOS. Secara harfiah, ini akan menunjukkan masalah dengan chip BIOS pada motherboard. Namun sobat tidak mungkin menggantikan chip BIOSnya, sobat bila mengalami hal ini biasanya diperbaiki dengan mengganti motherboardnya.
  • 10 bip artinya sepuluh kali bunyi bip pendek berurutan yang berarti telah terjadi kesalahan baca tulis register shutdown CMOS . Kode bip ini biasanya disebabkan oleh masalah hardware dengan chip BIOS AMI. Sebuah penggantian motherboard biasanya akan memecahkan masalah ini, meskipun dalam situasi yang jarang terjadi bisa disebabkan oleh kartu ekspansi yang rusak.
  • 11 bip artinya sebelas kali bunyi bip pendek berurutan yang berarti bahwa tes cache memori telah gagal. Kegagalan fungsi dari beberapa perangkat keras yang biasanya menjadi penyebabnya.

Kode Bunyi BIP Untuk AwardBIOS

AwardBIOS adalah jenis BIOS yang diproduksi oleh Award, kini dimiliki oleh Phoenix Technologies. Banyak produsen motherboard yang terkenal telah mengintegrasikan AwardBIOS ke dalam sistemnya. Produsen motherboard lain telah menciptakan software BIOS yang di custom berdasarkan sistem AwardBIOS. Kode bip dari BIOS yang didasarkan pada AwardBIOS mungkin persis sama dengan kode bip AwardBIOS atau mungkin sedikit berbeda. Kode bip pada AwardBIOS terdengar secara berurutan dan dan biasanya terdengar setelah PC dinyalakan.

  • 1 bip pendek artinya sebuah suara bip pendek dari BIOS yang merupakan pemberitahuan bahwa sistem dalam keadaan normal. Dengan kata lain, kode bip ini terdengar sejak pertama kali sobat membelinya, serta tidak ada pemecahan masalah yang diperlukan!
  • 1 biiip, 2 bip artinya satu bip panjang yang diikuti oleh dua bip pendek, ini menunjukkan bahwa ada masalah dengan kartu videonya (video card) . Solusinya : coba pasang kembali video cardnya dengan benar bila tidak berhasil maka sudah saatnya anda mengganti kartu videonya.
  • 1 biiip, 3 bip artinya satu bip panjang diikuti oleh tiga bip pendek yang berarti bahwa kartu video tidak terpasang dengan baik atau memori pada kartu video bermasalah. Solusinya : coba pasang kembali video cardnya dengan benar bila tidak berhasil maka sudah saatnya anda mengganti kartu videonya.
  • 1 bip bernada tinggi dan 1 bip bernada rendah serta berulang artinya ini mengindikasikan ada masalah dengan CPU yang bisa disebabkan karena CPU terlalu panas atau tidak berfungsi.
  • 1 bip bernada tinggi serta berulang artinya CPU terlalu panas. Sobat harus segera mencari tahu kenapa CPU bisa terlalu panas, sebaiknya matikan komputer segera sobat mendengar kode bip ini karena bila dibiarkan terlalu lama maka CPU akan semakin panas, serta semakin beresiko mengalami kerusakan permanen pada komputer.
  • Semua kode bip lainnya, artinya setiap pola kode bip lainnya yang sobat dengar menunjukkan beberapa jenis masalah terkait dengan memori. Solusinya adalah mengganti ramnya.

Kode Bunyi BIP Untuk PhoenixBIOS

PhoenixBIOS adalah jenis BIOS yang diproduksi oleh Phoenix Technologies. Produsen motherboard lain telah menciptakan software BIOS yang di custom berdasarkan sistem PhoenixBIOS. Kode bip dari BIOS yang didasarkan pada PhoenixBIOS mungkin persis sama dengan kode bip PhoenixBIOS atau mungkin sedikit berbeda.

  • 1 Bip artinya sebuah suara bip pendek dari BIOS yang merupakan pemberitahuan bahwa sistem dalam keadaan normal. Secara teknis, ini merupakan indikasi bahwa Power On Self Test selesai. Tidak ada pemecahan masalah yang diperlukan!
  • 1 Bip terus menerus artinya satu bip terus menerus, mungkin bukan kode bip resmi dari phoenix, tetapi setidaknya dari satu kasus yang terjadi, solusinya adalah menempatkan ulang CPU pada tempatnya.
  • 1 Bip, 1 Biip artinya satu bip pendek diikuti oleh satu bip panjang, juga bukan kode bip resmi dari phoenix tetapi ada orang yang mengalami hal ini disebabkan oleh RAM yang tidak baik, maka dengan mengganti memori RAMnya maka masalah ini bisa teratasi.
  • 1 Biiip, 2 Bip artinya satu bip panjang diikuti oleh dua bip pendek, ini mengindikasikan telah terjadi kesalahan checksum yang berarti ada beberapa jenis masalah terkait dengan motherboard, maka solusinya adalah mengganti motherboardnya.
  • Pola Bip 1-1-1-1 , secara teknis, pola 1-1-1-1 tidak ada tetapi ada sebagian orang yang mengalami masalah ini serta paling sering diakibatkan oleh sistem memori, serta solusinya adalah mengganti RAMnya.
  • Pola Bip 1-2-2-3, ini menunjukkan bahwa telah terjadi kesalahan checksum BIOS ROM. Secara harfiah, ini menunjukkan bahwa terdapat masalah dengan chip BIOS pada motherboard, tentunya mengganti chip bios adalah mustahil dilakukan maka solusi terbaik adalah mengganti motherboardnya.
  • Pola Bip 1-3-1-1 , ini menunjukkan terjadi masalah saat uji coba refresh DRAM. Maslah ini terjadi disebakan karena sistem memori , kartu ekspansi, atau motherboard.
  • Pola Bip 1-3-1-3, ini berarti bahwa tes pengontrol keyboard 8742 telah gagal. Hal ini biasanya berarti bahwa saat ini ada masalah dengan koneksi pada Keyboard tetapi juga bisa menunjukkan bahwa ada masalah dengan motherboard.
  • Pola Bip 1-3-4-1, kode bip ini menunjukkan bahwa ada beberapa jenis masalah terkait dengan RAM, tentunya dengan mengganti RAM adalah solusinya.
  • Pola Bip 1-3-4-3, kode bip ini menunjukkan bahwa ada beberapa jenis masalah terkait dengan RAM, tentunya dengan mengganti RAM adalah solusinya.
  • Pola Bip 1-4-1-1, kode bip ini menunjukkan bahwa ada beberapa jenis masalah terkait dengan RAM, tentunya dengan mengganti RAM adalah solusinya.
  • Pola Bip 2-1-2-3, kode bip ini menunjukkan bahwa telah terjadi kesalahan BIOS ROM, yang berarti ada masalah dengan chip BIOS pada motherboard. Solusinya adalah mengganti motherboardnya.
  • Pola Bip 2-2-3-1, bila ada kode bip ini berarti bahwa telah terjadi masalah saat uji coba perangkat keras yang berhubungan dengan IRQs. Ini disebabkan ada masalah dengan hardware atau kesalahan konfigurasi terkait dengan sebuah kartu ekspansi atau kegagalan fungsi lainnya pada motherboard.

Semoga dengan artikel diatas bisa membantu para pengguna komputer yang lagi mengalami masalah dengan PC atau laptopnya, cukup dengan mendengar suara bip yang terdengar saat melakukan booting … Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>