Home » Komputer » Cara Mengatasi Blue Screen Pada Komputer

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Komputer

loading...

cara mengatasi blue screenCara Mengatasi Bluescreen – Mungkin sobat pernah mengalami masalah layar biru pada komputer atau laptopnya atau yang diistilahkan dengan nama Blue Screen of Death (BSOD). Saya juga pernah mengalami hal ini. Tahukah sobat apa yang menjadi penyebab terjadinya bluescreen pada komputer ? Kerusakan yang menyebabkan terjadinya Blue Screen / Dump Memory/ Layar biru ada beberapa penyebabnya yang mungkin antara orang yang pernah mengalami hal ini tidak sama penyebabnya.

Penyebab Blue Screen

Perlu anda ingat bahwa penyebab laptop atau komputer terkena Blue Screen diantaranya karena

  1. Memory / RAM mengalami kerusakan atau kotor
  2. Socket Memory / RAM kotor
  3. Harddisk bermasalah
  4. Socket Harddisk
  5. Virus
  6. Data corrupt
  7. Proses uninstall program tidak sempurna

Cara Mengatasi Masalah Blue Screen

  • Yang terpenting dalam mengatasi masalah blue screen, langkah apa yang perlu sobat lakukan adalah bertanya pada diri sendiri apa yang baru sobat lakukan sebelum komputer sobat mengalami blue screen. Apakah sobat telah menginstall sebuah program baru, atau memasang hardware baru, mengupdate driver, menginstal sebuah driver dan sebagainya, mungkin inilah yang menyebabkan terjadinya blue screen. Jika memang ini penyebabnya, cobalah kembalikan kondisi komputer ke kondisi sebelumnya dan tes kembali apakah yang sobat lakukan itu berhasil. Beberapa tindakan yang mungkin bisa dilakukan ini tergantung dari perubahan apa yang sobat telah lakukan yaitu
    1. Startup kembali komputernya dan gunakan pilihan Last Known Good Configuration untuk mengembalikan registry dan drivernya ke konfigurasi terakhir yang dianggap masih baik.
    2. Gunakan System Restore komputer untuk membatalkan perubahan system yang telah dilakukan.
    3. Kembalikan driver ke versi sebelum diupdate.
  • Coba anda cek jumlah minimum ruang kosong (free space) yang tersedia pada partisi windowsnya. Layar biru atau masalah serius lainnya seperti data yang corrupt bisa disebabkan jika tidak ada cukup ruang bebas (free space) pada partisi primer windows sobat. Sebaiknya anda mempunyai minimal 15 persen ruang bebas pada drive partisi primernya.
  • Beberapa virus yang menyerang komputer bisa menyebabkan blue screen terutama yang menginfeksi pada master boot record (MBR) atau boot sector. Cobalah anda scan komputernya, dan yang penting adalah software antivirus yang digunakan adalah up to date dan disetting untuk menscan MBR dan boot sector.
  • Bila Blue Screen diakibatkan oleh data yang hilang karena virus, instalasi program yang tidak sempurna atau karena un-install program yang menghapus library (.dll) file yang digunakan oleh system atau program yang akan kita jalankan, maka cara yang paling mudah menurut saya adalah melakukan format ulang harddisk pada directory windows berada, kemudian menginstall ulang Windows dan beberapa aplikasi yang anda butuhkan seperti Microsoft Office dan aplikasi lainnya. Namun sebelum melakukan format ulang harddisk anda bisa membackup dulu data penting anda ke harddisk yang lain, jangan sampai anda mengalami penyesalan karena data penting anda hilang.
  • Bila Blue Screen diakibatkan oleh memory/ RAM rusak atau kotor dapat diketahui dengan men-check memory melalui menu BIOS Notebook atau komputer yang bersangkutan. Apabila kita sudah memastikan kerusakan di area memory baik RAM itu sendiri maupun socket, maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah kita lepaskan memory yang bersangkutan dan kita bersihkan atau sikat dengan penghapus pensil bagian kaki socket RAM sehingga kerak menjadi bersih, apabila masalah tetap muncul , kita bisa mengganti dengan RAM yang baru.
  • Update BIOS-nya. Dalam beberapa kondisi, BIOS yang ketinggalan zaman bisa menyebabkan BSOD karena tidak kompatibel.
  • Bila Harddisk yang bermasalah dikarenakan oleh bad sector, untuk masalah bad sector dapat kita atasi dengan chkdsk/f, dimana windows akan memberikan tanda agar bagian yang bad tidak digunakan, Namun bila terkena sector awal atau untuk operating system maka cara ini tidak efektif, cara terbaik adalah mengganti harddisk dengan yang baru.

Semoga artikel diatas tentang cara mengatasi blue screen bisa bermanfaat bagi para pembaca blog ini terutama yang mengalami masalah ini … Amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *