Home » Komputer » Apa itu CMOS dan Bagaimana Cara Meresetnya

Apa itu CMOS dan Bagaimana Cara Meresetnya

Apa itu CMOS – Pernahkah sobat mendengar kata “CMOS” yang merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan komputer. CMOS merupakan singkatan dari complementary metal oxide semiconductor yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sejumlah kecil memori pada motherboard yang menyimpan setting pengaturan BIOS. CMOS ini biasanya diaktifkan oleh baterai sel CR2032 . Umumnya baterai CMOS bisa bertahan hingga 10 tahun dalam banyak kasus. Bila tanggal dan waktu pada sistem komputer berubah ke waktu yang lebih lama, misalnya waktu di komputer selalu berubah ke tahun 2000, ini menunjukkan bahwa battery CMOS sudah mati dan perlu diganti.

Cara Mereset CMOS Komputer

Mereset ulang CMOS pada motherboard akan merubah setting pengaturan BIOS ke default pabriknya. Setelah mereset (clear) CMOS, maka sobat harus mengakses BIOS setup utility dan mengkonfigurasi ulang pengaturan hardwarenya. Mereset CMOS dilakukan karena beberapa alasan misalnya ingin menghapus password BIOS dan anda tidak bisa masuk ke BIOS setup utility karena anda lupa passwordnya, atau mungkin sobat ingin mengatasi masalah yang berkaitan dengan kompatibilitas hardware.

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mereset (clear) CMOS, yaitu

  1. Mereset CMOS Melalui Menu Pilihan dalam BIOS dengan mengembalikan settingannya ke “Default Factory”

    Cara termudah untuk mereset CMOS adalah masuk ke BIOS setup utility dan memilih pengaturan untuk “Reset BIOS ” ke settingan default pabrik . Pilihan menu dalam BIOS mungkin antara yang satu dengan lainnya menggunakan istilah yang berbeda yaitu reset to default, factory default, clear BIOS, load setup defaults, dan lain sebagainya. Pilihan item ini biasanya terletak di dekat bagian bawah / akhir opsi pilihan BIOSnya. Sebagai contoh, coba sobat perhatikan gambar dibawah ini, untuk mereset BIOSnya yaitu pada item pilihan Load Setup Defaults.

  2. Mereset CMOS Melalui Jumper pada Motherboard

    Cara lain untuk mereset CMOS adalah menggunakan jumper “CLEAR CMOS” pada motherboard. Jumper ini biasanya terletak dekat chip BIOS atau dekat baterai CMOS. Jumper ini mungkin diberi nama label CLEAR, CLR, CLEAR CMOS, PSSWRD atau nama label lainnya. Pada jumper CMOS terdapat 3 pin dimana jumper menghubungkan pin yang ditengah dengan 1 pin yang lainnya. Bila anda mengetahui posisi jumpernya maka cabut jumpernya pindahkan ke posisi lainnya, misalnya pada awalnya dipasang pada pin yang sebelah kiri dengan pin yang ditengah, maka pindahkan ke pin yang sebelah kanan dengan pin yang ditengah. Setelah itu tunggu beberapa detik, lalu kembalikan posisi jumper ke semula.

  3. Clear CMOS dengan Mencabut Baterai CMOS

    Dengan mencabut batterai CMOS, serta tunggu beberapa saat, kemudian pasang kembali battery CMOSnya. Tindakan ini akan menghapus settingan BIOSnya dan mengembalikannya ke settingan default pabrik . Trik ini sangat berguna bila sobat tidak bisa mengakses BIOS dan tidak bisa menemukan jumper CMOSnya.

Perlu anda ketahui untuk melakukan reset CMOS pada langkah 2 dan 3, maka komputer harus berada dalam keadaan tidak menyala, serta anda perlu membuka casing komputernya terlebih dahulu. Lalu anda bisa mencari batterai CMOS maupun jumper Clear CMOSnya.

Semoga dengan artikel terkait apa itu CMOS dan cara meresetnya bisa menambah pengetahuan sobat tentang komputer … Amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *