Home » Islam » Macam-Macam Puasa Sunnah

Macam-Macam Puasa Sunnah

Macam-macam puasa sunnah – Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang telah akil baligh. Disamping puasa fardhu Ramadhan, ada pula puasa sunnah yang diajarkan Rasulullah Saw. Jika anda ingin mengamalkan puasa sunnat tersebut maka tentunya anda harus tahu hari-hari yang diperkenankan untuk berpuasa dan hari apa saja yang diharamkan untuk berpuasa. Jangan sampai kita berpuasa sunnah dengan tujuan mendapatkan amal kebajikan tetapi malah dosa yang anda dapatkan karena berpuasa di hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Beberapa Puasa Sunnah Yang Diajarkan Rasulullah Saw, antara lain yaitu

  1. Puasa pada hari Arafah yaitu pada 9 Dzulhijjah, bagi umat muslim yang sedang tidak berwukuf di padang Arafah . Bagi jamaah haji yang sedang berwukuf tidak disunnahkan berpuasa.

  2. Puasa pada hari Tarwiyyah, yaitu pada 8 Dzulhijjah.

  3. Puasa Asyura, yaitu pada 10 Muharram yang memiliki nilai historis bagi para Rasul dalam berjuang menegakkan agama Allah. Misalnya, selamatnya nabi Nuh dari banjir bandang, tenggelamnya Fir’aun di laut merah, terbebasnya nabi Musa dam kaumnya dari kezaliman, semua bertepatan pada tanggal 10 Muharram.

  4. Puasa Tasu’a, yaitu berpuasa pada 9 Muharram.

  5. Puasa Ayyamul Biedl, yaitu puasa di hari-hari terang bulan. Rasulullah Saw menganjurkan tiga hari setiap bulannya untuk berpuasa, yakni 13,14 dan 15. Pahalanya disamakan dengan pahalanya orang yang berpuasa sepanjang hidupnya.

  6. Puasa hari Senin dan Kamis.

  7. Puasa Syawal selama 6 hari pada bulan Syawal. Puasa ini pahalanya juga sama dengan pahala orang yang berpuasa selama seumur hidup.

Selain puasa sunnat yang perlu anda ketahui, maka anda juga perlu mengetahui hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Hari Yang Diharamkan Untuk Berpuasa

  1. Hari raya Idul Fitri 

  2. Hari raya Idul Adha

  3. hari Tasyrik yaitu pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Semoga dengan informasi diatas tentang puasa sunnah dan hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa bisa menambah amalan ibadah anda … Amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *