Home » Islam » Beberapa Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Beberapa Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

loading...

Yang Membatalkan Puasa – Puasa atau Shaum secara harfiah berarti mengekang atau menahan diri dari hal – hal yang membatalkan puasa, dengan niat tertentu sepanjang siang hari oleh orang islam yang berakal sehat dan suci dari haidh dan nifas. Puasa yang wajib dilaksanakan oleh orang yang beragama Islam adalah Puasa di bulan Ramadhan.

Kita sebagai umat islam seharusnya mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membatalkan puasa. Jangan sampai  anda berpuasa tetapi tidak tahu apa saja yang bisa membatalkan puasa anda.

Jika anda belum mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan puasa menjadi batal maka anda bisa membaca hal-hal yang bisa membatalkan puasa yang saya ambil dari  buku ringkasan kitab Fathul Qarib Al-Mujib.

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa

  1. Memasukkan benda dengan sengaja ke lubang-lubang tubuh, termasuk lubang yang berupa luka pada tubuh.

  2. Menyemprotkan obat kedalam qubul dan dubur meskipun pada waktu sakit.

  3. Sengaja muntah.

  4. Sengaja bersetubuh dengan istri.

  5. Bersengaja inzal atau mengeluarkan sperma tanpa bersetubuh baik dengan jalan yang halal (dibantu istri) maupun dengan jalan yang tidak halal (dilakukan sendiri). Adapun jika inzal itu akibat bermimpi yang berarti tidak sengaja, maka puasanya tidak batal. Namun segeralah bersuci dan melanjutkan puasanya.

  6. Berhadas besar karena haid atau nifas.

  7. Hilangnya akal, bila orang menjadi gila saat melaksanakan puasa, maka puasanya menjadi batal.

  8. Murtad yaitu orang yang keluar dari agama islam karena berpindah agama atau mengingkari keberadaan Allah SWT saat ia berpuasa, maka batallah puasanya.

Untuk lebih menyempurnakan puasa anda maka anda sebaiknya tahu juga tentang beberapa sunnah dalam berpuasa.

Hal- Hal Yang Disunnahkan dalam Puasa

  1. Segera berbuka ketika jelas matahari tenggelam. Akan tetapi jika meragukan, janganlah segera berbuka. Disunnahkan pula dalam berbuka adalah buah kurma, namun bila tidak ada cukup dengan air saja.

  2. Menunda atau mengakhirkan sahur, selama tidak tiba waktu imsak. Namun, jika memang masih jauh dari waktu imsak, tidak perlu melambatkan dalam makan  sahur. Dengan makan sahur saja kita sudah mendapatkan kesunnahannya walaupun hanya dengan sesuap nasi dan seteguk air minum.

  3. Menjauhkan diri dari perkataan jorok, perbuatan keji, pandai memelihara diri, jangan sampai berdusta, menggunjing, memaki dan lain-lain. Apabila ada orang yang memaki-maki diri kita yang dalam keadaan berpuasa, maka katakanlah dengan lisan berulang 2 atau 3 kali, “Aku sedang berpuasa” atau katakanlah di dalam hati.

Semoga dengan tulisan diatas anda bisa mengetahui hal-hal yang bisa membatalkan puasa dan sunnah yang perlu anda lakukan ketika berpuasa … Amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *